Selasa, 24 Juli 2007

PEMERKOSAAN PEREMPUAN ETNIS CINA DI JAKARTA

http://www.fica.org/cs/rn-mayriot-id

From owner-berita@LISTSERV.RNW.NL
Mon Jun 8 12:50:52 1998
Date: Mon, 8 Jun 1998 17:40:07 +0100
From: RNW berita list manager
Reply-To: berita-request@RNW.NL
To: BERITA@RNW.NL

Subject: Warta Berita - Radio Nederland, 08 June 1998

* PEMERKOSAAN PEREMPUAN ETNIS CINA DI JAKARTA.
Etnis Cina dan perempuan adalah target paling lemah dan mudah dituju.
Puluhan atau bahkan mungkin ratusan perempuan etnis Cina menjadi korban
pelecehan seksual dan perkosaan yang terjadi ketika rumah-rumah atau
toko-toko mereka dibakar dan dijarah pada tanggal 13 dan 14 Mei dulu di
Jakarta. Begitu biadabnya para pelaku seolah mereka sudah tidak memiliki
rasa perikemanusian sedikitpun.
Para korban, tidak saja dilecehkan atau diperkosa, tapi ada pula yang
dicekik dan dibunuh. Sebagian korban mengalami gangguan jiwa sangat
serius. Mengingat para korban sangat trauma dan ketakutan untuk
mengungkapkan peristiwa yang menimpa mereka, maka para relawan bersikap
pro aktif, dengan mencari para korban, mengunjungi rumah sakit dan
membuka hotline. Sejauh ini, tim sudah mengidentifikasi sekitar 50
kasus.
Setiap harinya, sekitar dua puluh lima perempuan menilpun hotline
tersebut. Berikut sejumlah kasus pelecehan seksual dan perkosaan yang
telah diidentifikasi oleh Divisi Perempuan, yaitu kelompok relawan dari
berbagai LSM yang peduli terhadap nasib korban, dituturkan oleh
koordinatornya Ita Nadia.
Ketika para pegawai pulang naik bis didalam bis, penumpang di pilah-
pilah. Para penumpang Cina disuruh turun, disuruh membuka baju, dan
kemudian disuruh jalan berbaris. Mereka digiring ke padang ilalang
dipinggir jalan dan di pilah-pilah lagi. Yang berparas cantik diperkosa.
Sedangkan yang berparas tidak begitu cantik disuruh berjalan telanjang.
Modus berikutnya, perempuan-perempuan Cina secara ramai-ramai
ditelanjangi dijalan raya, kemudian tubuhnya digerayangi. Kami menemukan
putingnya ada yang sobek dan seluruh badan memar. Ada lagi pegawai bank.
Sebanyak sepuluh orang memasuki bank dan menutup bank tersebut. Para
pegawai Cina disuruh menari-nari dengan telanjang. Kemudian ada tiga
anak gadis dari keluarga Cina miskin yang diperkosa. Mereka berumur 10
sampai delapan belas tahun, diperkosa oleh tujuh orang disebuah tempat
di Jakarta Utara/Barat.
Yang berikutnya adalah sebuah keluarga yang kebetulan kakak perempuan
para korban mengaku kepada Ita Nadia bahwa dua adik perempuannya
diperkosa di lantai tiga rumah mereka oleh tujuh orang pula. Setelah
diperkosa, dua adik perempuan itu didorong ke lantai dua dan satu dimana
api telah berkobar, sehingga dua adik tersebut meninggal. Itu beberapa
kasus. Kasus-kasus lain, mereka biasanya diperkosa, kemudian dicekik.
Tetapi ada juga yang ketika diperkosa, korban kemudian membunuh diri.
Para korban ini tidak hanya diperkosa di vagina tetapi juga di dubur dan
diikuti pula dengan pengrusakan vagina. Itu dilakukan secara sistematis
karena tidak dilakukan oleh orang biasa. Secara politis, saya mau bilang
bahwa ini adalah perbuatan untuk menunjukkan "kalau kamu menuntut
reformasi dan demokrasi, ini adalah bagian yang harus kamu bayar. Dan
bagian yang harus kamu bayar adalah mengorbankan etnis Cina, dalam hal
ini adalah perempuan sebagai target untuk membangun sebuah teror atau
ketakutan di masyarakat untuk mengintimidasi masayarakat. Jadi
dipilihlah etnis Cina dan perempuan dan non muslim karena merekalah yang
paling lemah".
Tim relawan untuk kemanusian Divisi Perempuan sesungguhnya adalah tim
relawan untuk kemanusiaan yang lebih besar, yang dipimpin Romo
Sandyawan. Tim sudah melakukan identifikasi korban-korban kerusuhan yang
jumlahnya mencapai 1333. Sekarang, kami sungguh-sungguh sangat marah
karena perempuan dijadikan target atau obyek untuk mengintimidasi
masyarakat lewat kekerasan seksual. Ini adalah state violence.
RADIO NEDERLAND : Pesan apa yang ingin anda sampaikan kepada korban yang
sampai saat ini belum atau tidak berani mengungkapkan apa yang menimpa
dirinya.
ITA NADIA : Tolong, jangan takut karena membuka kebisuan adalah
membangun kesadaran. Breaking the silence. Para korban bisa langsung
menelpon nomor hotline, yaitu 021-790 2109 atau 021-790 2112. Kami akan
menjaga kerahasiaan baik para korban maupun informan. Sedangkan untuk
masyarakat luar negri, berilah dukungan. Dukungan dalam arti berkampanye
untuk mengutuk perbuatan ini. Bagaimanapun juga, mereka telah
didiskriminasi, secara politik didiskriminasi sebelumnya oleh pemerintah
dan sekarang mereka dikorbankan
-----------------------------------
Radio Nederland Wereldomroep, Postbus 222, 1200 JG Hilversum
http://www.rnw.nl/
Keterangan lebih lanjut mengenai siaran radio kami dapat Anda
peroleh melalui ranesi@rnw.nl
Copyright Radio Nederland Wereldomroep.
-----------------------------------

103 komentar:

"Oga" desperated sickmen from another TAlent mengatakan...

tolong anda jangan terlalu melihat pada satu sisi kebiadabannya,tetapi anda dapat melihat pada historisnya.Dan memberikan question siapa yang menghembuskan isu-isu SARA ini atau diskusi/polling.dan saya melihat data yang anda berikan tidak akurat dan riskan untuk dibicarakan.Saya melihat referensinya berarah pada Disintegrasi Ras dan kerukunan beragama.walaupun kita bicara realita.tetapi kita menjaga perasaan.saya ragu-ragu dengan data yang diberikan dari www.fica.org dan radio nederland yang cenderung berhaluan separatis RMS.terima kasih

King Of Bandit mengatakan...

waduh ini acaranya sudah provokasi. kalau saya baca ada unsur rasis dalam blog ini. kalau saya boleh koment sebenarnya masalah kesenjangan sosial. kalau diruntut tempo dulu, warga non pribumi terutama cina memandang rendah orang pribumi. seperti dipandang sebelah mata, dan itu seharusnya dsadari oleh non pribumi. tapi orang-orang pibumi juga tidak bisa ditolerir dalam kerusuhan mei. orang pribumi yang melakukan kesalahan harus dihukum seberat-beratnya. yang jadi kunci utama kerusuhan adalah profokatornya. itu yang harus bertanggung jawab atas kerusuhan mei, orang pribumi tidak akan anarkis kalau tidak diprovokatori dan seharusnya orang pribumi-pun juga harus bisa menjaga sikap yang baik sebagai tuan rumah. kalau boleh jujur sering saya dengar orang cina akan lebih memilih jodoh keturunan cina pula krn orang pribumi semua babi. kalu orang pribumi dengar mungkin akan terlontar kata-kata "mendingan loe pulang aja ke negara moyang loe di china". ada sebab ada akibat, tapi sebagai warga yg baik kita nggak boleh gitu, semua ras itu sama.tolong masalah ras jangan dipermasalahkan lagi, pasti ada yang tersinggung. dan janganlah memprovokasi dengan tulisan yang kurang obyrktif..thank u

law mengatakan...

kalo gitu tangkap lah yang melakukan kerusuhan-kerusuhan itu
jangan hanya ngomong, aksi yang penting
andaikan kami pulang ke daratan sono habis dah riwayat anda, napa sya mgatakan demikian?
1. ekonomi drop, 2. siap2 menerima pembalasan dari RRC (NUKLIR)
ingat RRC termasuk communist party jadi tidak mungkin akan tinggal diam saja rakyat sendiri di jadikan korban
dan sekali saya katakan org cina memilih jodoh keturunan yang sama karena ada perbedaan dalam makanan, jika makanan saja berbeda bagaimana bro mau bercinta??? benar tidak??? fakta mengatakan demikian
bukan sya mau memprovokasi kembali, cuma sya masih merasa pilu atas krusuhan yang lalu, rata2 yang diperkosa mengalami gangguan jiwa dan psikologis
terroris yang meneror dunia saja tidak melakukan pemerkosaan hanya ngebom itu pun langsung tewas di tempat

junkie mengatakan...

brothers,perbutan itu sdh di luar batas,ini bkn masalah pribumi atau non pribumi,itu adalah kejahatan besar yg harus di selesaikan siapapun pelakunya harus di tangkap dan di adili sesuai dgn hukum yg berlaku di indonesia.

Joni mengatakan...

Terkutuk bagi semua yang melakukan pemerkosaan ...

sketch mengatakan...

gw setuju sm comentnya si law
@junkie g da yg bisa diharepin dr hukum di indonesia

king zero mengatakan...

Apaan profokasi, itu uda jelas-jelas fakta...!!! Udah lembar batu masih sembunyi tangan, bener2 biadab.
@king of bandit : Apa??? loe bilang non pribumi memandang rendah?? kalo ngomong ati2 bang...
@law : gw setuju bgt ma lu, kalau aja gw bs nemuin 1 pulau yg g berpenghuni, uda gw tarik semua org cina di indo bwt hidup dsna, gw ngerasa di indo ini kek neraka tinggal nunggu karmanya aja atas perbuatan org2 laknat kyk gt. Makanya ada bencana2 alam tuh namanya karma n g bakal berhenti ampe orang2 biadab di indo ini mampus semua

baby mengatakan...

ya kalo masalah provokasi itu sudah hal yang sangat sering terjadi di Indonesia sejak jaman dahulu.. inget gak guys kl kita pernah mengalami yang namanya politik de vide et impera.. dan kejadian mei ini memang adalah fakta.. banyak saudara kita yang menderita karena hal ini.. ak gak bilang siapa yang paling menderita tapi kita semua bangsa Indonesia pasti merasakan kesedihan yang paling dalam karena kejadian ini..
buat kita semua memang kita harus lebih bijaksana dalam hal kayak gini..
menurut ku ya orang yang melakukan kejahatan pemerkosaan itu hukuman nya justru harus yang paling berat!!
why??
coz cowok,cewek,tua,muda yang habis diperkosa bakal merasakan trauma yang begitu mendalam bahkan sampai kapan pun juga mereka tidak akan pernah lupa akan hal itu.. forgive but not forgotten..
jadi kalo bisa mereka harus dihukum yang paling berat..
aku hanya bisa berharap hal kayak gini harus dan gak boleh terjadi lagi..!!
dan aku setuju kalo hukum harus ditegakkan.. dan yang bersalah harus dipenjara..

kiki mengatakan...

manusia laknat..
gk pnya tuhan kh..
ketawan kagak punya agama..
kutunggu ikam di warteg dkat rmh qu..
asow..
lagnat..muka ikam kyk penjual babi d pasar subuh..
tau kadak pasar subuh??
kimaknya... huh...
kalo kupotong pelermu pake senso ama silet skalian ku bakar jmbut ikam..
makan pang iwak papuyuh..
sama iwak sepat,,
iwak asin.
!!!!!!!!!!!

Bisnis Online Praktis mengatakan...

pemerkosaan terhadap siapa pun tanpa memandang orang tersebut dari etnis mana merupakan salah satu pelanggaran dan kejahatan seksualitas terhadap kaum perempuan.Memang bila kita melihat sejarah bangsa indonesia apabila terjadi kerusuhan maka kaum minoritas etnis tionghoa ( maaf saya mengunakan kata tionghoa,karena kata cina/chines bagi beberapa orang tionghoa sangat jelek sekali maknanya)yang selalu menjadi korban..hal ini terjadi sejak peninggalan belanda tahun 1740,merupakan awal dari bentuk adu domba ( devide et impera)yang dibuat oleh belanda,dimana orang belanda menghasut orang tionghoa yang menyebabkan keadaan ekonomi pada saat itu tergangu kepada orang pribumi,sebaliknya pun demikian bahwa orang pribumi lah yang malas bekerja sehingga mereka yang menyebabkan mundurnya perekonomian.. yang kemudian terbawa -bawa hingga anak cucu kita dan saling menjelekkan satu dengan yang lain...seandainya kita tahu bahwa sebelumnya kita hidup rukun dan saling tolong menolong,,karena tidak ada manusia pribumi di indonesia karena semuanya pendatang.dan hampir 70% rakyat indonesia nenek moyangnya dari china(sumatera,kalimantan jawa,bali,sulawesi),20% dari india(maluku,NTB,NTT) dan 10% dari afrika ( papua ),,,jadi siapa yang bilang ada yang pribumi,,jutru masyarakat asli indonesia adalah suku aborijin di australia..sayang sejarah ini yang gak pernah diajarkan ke anak sekolah ,,,mungkin juga karena faktor politik.

_climber_ mengatakan...

Benernya yg jd masalah adalah setelah peristiwa berlalu ga ada Follow Up ama sekali,dan dianggap kejadian ini ga pernah ada!!!
Itu yang menjadi masalah utama nya sebenarnya...bukan kita mw asal provokasi soal ras...ngapain jg lah,,,itu jg bukan hal yang memberdayakan,,,Cuma masa sih Indonesia mw jadi bangsa yang ga bertanggung jawab???yang dengan gampngnya melupakan gtu aja peristiwa yg udh terjadi...Itu pihak2 yg seharusnya bertanggung jawab ngerasain kagak gimana rasanya ngalamin kejadian kya gtu,,enak aja cuma bisa ngeluapain aj,,,

Satu hal lg, Sadar ga sih penduduk yang ada org keturunan China itu ga di Indonesia aj?
Emang di seluruh dunia ini cuma Indonesia doang yg ada warga ket.China nya?
Coba kta liat kya contoh nya Amerika,yg tinggal disana cuma suku asli indian doank gt?
kagak kan?ada jg entis China nya?trus klo etnis china disana mw kawin nya ama sesama etnis china emang salah?
itu cuma masalah tipe pasangan,,,
masa orang ga doyan makan sambel harus mw makan sambel?

Benernya klo dilihat dr sudut pandang yang lebih luas tindakan dan keberadaan etnis China itu ama skali ga ada mslh...

Cuma ga tw knpa masyarakat Indonesia ini banyak yang punya sudut pandang yang ga produktif dalam melihat suatu hal..Itu yang benernya jadi akar masalah,,,
Soal sudut pandang...awal mual nya dr sana....

_climber_ mengatakan...

Mumpung sekarang masih deket ama 17 agustus, Gw jg mw ngomong...

Jangan salain orng klo ada ga suka nasionalisme...

kyanya ada yang bilang yah klo ada sebab ada akibat? bener?

Gmana mau ada rasa nasionalisme yang kuat klo ada perlakuan yang "luar biasa" terhadap etnis tertentu???
Semoga paham

Balik lg deh gw ksh contoh negara lain..

Kenapa sih Negara kaya Amerika Serikat di punya rasa nasionalisme yang Luar Biasa (klo ini luar biasa beneran)

pernah nyadar ga sih knapa?

Negara itu memperlakukan SELURUH warga nya dengan sangat care, ga peduli apapun etnis dari warga nya, yg penting dia Warga AS, dia bakal perjuangin dgn luar biasa..

Bener Kagak?

Jd klo ada contoh kasus warga Indonesia keturunan China yg konon ktanya (padahal sih ga juga,ini terlalu subjektif) kurang ada rasa nasionalisme ny...Mending ngaca dulu dehh..

Benernya yg perlu kita lakuin skrg...Tunjukin aja klo tindakan dan karya kita bisa jd garam dan terang buat orang laen..bisa jd saluran berkat buat orang laen,,,

Sesuatu hal yg baik, pd akhirnya jg bakal keliatan baik kok...

tae_malinksonkk mengatakan...

taeq tu para pemerkkosa tu ..
gw sumpahin d ..

coba mamak'n yg d perkosa ,gmn prassan mreka ?!
tae

vid mengatakan...

Memang bangsat t pelaku nya!!!!!!
King of bandit@ . Sekarang ini sudah bnyk org cina kawin ama orang jawa,solo,dan bnyk lg. Mungkin kamu nya aja yang ga ada jodoh ama org cina.

Irz mengatakan...

yg sudah biarlah sudah biar jadi pembelajaraan. N gw harap jangan ada lg yg manggil org dgn kata "cina" org lahir dsini,skolah,dsini,nyari makan dsini, kawin dsini,mungkin juga mati dsini,(INDONESIA).CINA kan nama NEGARA. lebih pantasnya etnis TIONGHOA yg brkewarganegaraan INDONESIA. N juga kpd suku bangsa yg lainya, macam ambon,jawa,batak, yg sring juga jadi buat panggilan org.

ShadowOfThePast mengatakan...

PS:
Yang terluka dan tertindas berusaha mencari pertolongan walau hanya lewat sebuah blog sekalipun...
Yang telah berbuat berusaha menutup-nutupi aib dengan minta bukti konkret seperti kasus ganti rugi lumpur lapindo..
Bila anda2 jurnalis hebat kenapa harus bertanya... buka dan lihat Reuters.. apakah berita disana dan reporter disana bohongan? Anda lebih unggul dari jurnalis mereka?
Just be fair.. dont mean to offense u guys

UNTUK DIINGAT : Pada jaman penjajahan banyak pejuang yang juga etnis tionghoa atau yang kalian biasa sehari2 sebut etnis "CINA" ikut bahu membahu berjuang demi kemerdekaan ini!!!

So many years gone bye.. so much bloods have spilled out... and not even one chinese heroes recorded into "formal" indonesian histories..

Xi wang da jia hao.. cu fu ni yi lu suen fung..

Hope this black 1998 history never repeated again... Amen

eve mengatakan...

To:King of Bandit, dari omongan kmu, sy mjd ngerti, mgkn maunya perempuan2 chinese merit semua dgn pri begitu apabl chinese mau aman ??? Masalah jodoh adalah hak pribadi masing2 orang. Dan kmu bilang chinese mandang sebelah mata dan anggap pri babi, itu semuanya datang dari pikiran pri sendiri. kebencian tak beralasan terhadap chinese sudah sangat2 lama, bukan cuma kerusuhan rasial mei-98 saja. sy bukannya mau provoke, tapi mei-98 benar2 menyakitkan. Coba kmu pikirkan, kalo manusia yang biadab mana mungkin lakukan pemerkosaan2 dll seperti itu. dan apbl saya tdk nasionalis itu juga tuduhan2 yang dibuat2 pri, dituduhkan secara sepihak dan arogan. tarolah apbl chinese beneran tdk nasionalis bukan berarti boleh disemena2kan, kmu liat aja investor2 asing yang banyak tinggal di indo, apakah kmu jg mau paksakan mereka untuk jadi nasionalis ?? dan apabila mereka gak mau nasionalis lantas lu bakar hidup2 lu perkosa dsb kriminal ?? cobalah dipikir2 kmbli, biadab kah seperti itu ?? dan sekarang sy balik posisi la untuk para pri, kalo mereka yang digituin bagaimana perasaan mereka, kalo salah satu korban pemerkosaan dan kerusuhan rasial mei-98 ternyata adalah kerabat dekat atau bahkan kakak/adik perempuanmu, bgmn perasaanmu sekarang ???? dan kalo pri gak bisa terima chinese indo di indo, ya harus ngomong donk secara baik2 dan biadab dari awal2nya, ajukanlah petisi ato apalah gitu kepada PBB untuk mungkin memberikan sebuah pulau atau wilayah tersendiri utk chinese, segala sesuatu ada hukumnya dan bertindaklah secara manusiawi. emang chinese indo neh apaan, diperalat utk memajukan ekonomi indo dan kemudian saat pada horny trus memperkosa perempuan2 chinese ?? bagaimana donk tuh pertanggungjawabannya pemerintah indo ?? memang benar yang sudah lewat gak usah dibesarbesarkan, tapi inti permasalahnnya masalah ini gak pernah ada penyelidikannya, ibarat seorang pria memperkosa wanita trus bisa lenggang kagkung gak dihukum cuma karena si pemerkosa=pri dan yg diperkosa=chinese, bagaimana tuh kira2 jawabnya, gua yakin negara ini masih ada hukum, tapi khusus untuk kasus mei-98 kenapa seperti nol hukum ?? pelaku2nya bebas berkeliaran dan kerusuhan mei-98 ditutup rapat gtu, apa yang mau dipelajari bangsa ini kalo materi mei-98 ditutup pemerintah ?? bangsa2 lain di dunia berlomba2 menjadi semakin maju dan beradab, semoga bangsa indo juga bertambah beradab dgn menghukum seberat2nya pelaku2 pemerkosaan perampokan pembakaran pembunuhan rasial mei-98 (asal jangan semakin biadab yow). semoga kita sama2 mengerti. thx

plural guy mengatakan...

king of bandit: klo ngomong jgn sembarang bang klo anda ngomong gitu bisa jadi anda disangka salah satu pendukung diskriminasi kaum minoritas
saya katakan disini mengapa selalu ada kesenjangan sosial antara pribumi dgn etnis?
1.jujur aja nih yah orng pribumi jarang yg punya pikiran maju dan selalu menamengkan agama untuk tercapainya niat yg menguntungkan pribadi
2.orng pribumi malas2,ga pintar menyimpan dan me manage uang
seharusnya yg timbul bukan diskriminasi melainkan mempelajari mengapa orng lain jauh lebih maju dari pada kita
inget kata pepatah:sirik itu tanda tidak mampu

bunda mengatakan...

klau mnrt saya, hal spt ini sangat,sangat biadab, tdk seharusnya wanita yg d'jadikan sasaran utama. Tuhan tdk pnh m'beda"kan ras manapun saat menciptakan umat manusia. Seharusnya sebelum melakukan dipikirkan terlebih dahulu. Krn kalau bkn dr wanita, dr mana kita bisa lahir dan melihat di dunia. Saya yakin org" yg melakukan ini akan mendapat balasan yg setimpal dr Tuhan.

lan mengatakan...

setuju ama law...

memang kalo ga ada orang chinese di indo pasti lah negara indo jadi miskin...
dan lagi mungkin blom ada yang tau betapa ngerinya partai komunis RRC, mereka bisa jadi sangat kejam sekali, dan yang pasti jiwa persatuan mereka sangat kuat, sejarahnya waktu jaman presiden Mo Che Tung itu, RRC terpecah2, tapi dengan jiwa komunis yang dimiliki Mo Che tung akhirnya RRC yang begitu besar bisa dipersatukan jiwanya...
jadi sekalipun Chinese di Indo hanyalah Chinese perantauan tapi jangan kira RRC akan tinggal diam kalau hal seperti ini terus terjadi, kalo perang indo dan RRC terjadi, wah seru juga si, tapi taulah kira2 bakal jadi kaya gimana. hahaha

lan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Submisi J. B. mengatakan...

Anehnya lagi orang - orang Indonesia kalau ada kerusuhan jahatnya sampai seperti itu, tetapi ketika diajak untuk pergi bergabung ke Thaliban di Afghanistan mereka pada "Kabur"

Lucu kan?

X mengatakan...

saya kok ngga melihat ya ada keluhan di etnis Cina...ini Blog naga2nya ngga bener deh.....mengandung unsur SARA...setidaknya sebagai warga Jakarta kita tahu yang sebenarnya...itu kan peristiwa besar...tapi kok ngga ada 1 pun yang melapor...dan semua orang ngga pernah mendengar tuh...justru LSM yang gencar mendata tapi setelah investigasi nyatanya ngga ada...

Michael Wen mengatakan...

@law gue setuju banget sam komentar loe ! and as you know , gue asli china , dan gue baru pindah 5 tahun lalu ke indonesia , indonesia sekarang berbeda sama masa lalunya yang bener2 kelam , bahkan sampai memperkosa warga sedarah kami etnis tionghoa , gue mau tanya emang apa salah orang tionghoa ? kami sudah membantu semua perekonomian kalian kan ?

Riki mengatakan...

Kalian itu pribumi bangsa busuk. Kalau dr nenek moyangnya sdh busuk pasti ikut ke ank cucungnya. Kalian tuh iri sm org china dan org china juga jijik berteman sm kalian pribumi busuk. Kalian lihat tuh aceh, aceh itu karma kalian tw gk. Tuhan gk pernah tdr dan siap2 menerima karma yg lebih buruk lagi utk indonesia!!!

kheng mengatakan...

Nasionalis melekat sangat dalam dihati Suku Tionghua Indonesia...karena banyak Pahlawan Pejuang kemerdekaan Republik ini juga dari Pejuang Suku Tionghua,salahsatunya Kakek saya di Pontianak-KalBar walau Kakek sy asli dari Tiongkok.,dan saya juga korban kerusuhan mei 1998.ya teman2 muda dan tua siapapun kita,kejahatan massal dan kesalahpahaman harus diselsaikan dengan Hukum tertinggi sebagai Pilar Keadilan dan mendapat hak yang sama bagi setiap warga negara indonesia!dan sudah saatnya kita membuka lembaran baru menapaki hidup kedepan dengan baik dan karya serta sikap toleransi yang mendasar.sebagai ciri khas orang indonesia!..."Saya Putra Tionghua Indonesia Cinta akan Tanah Air' dan sy berkomitmen membangun kehidupan yang lbh baik lagi setelah Masa Krisis kami alami trauma 10tahun.,sudah sepatutnya kita saling bahu membahu mengatasi pelbagai peristiwa dan tantangan krisis martabat dan harga diri bangsa besar kita dimata Negara Negara tetangga dan lainnya.Mari kita Doakan sama2 untuk para korban wafatnya perempuan2 suci tak berdosa yang tidak tau apa salah dan mengapa mereka menerima perlakuan Biadab trsbt semoga Tuhan senantiasa memberikan tempat Suci Agung di Surga!,dan Semoga Tuhan juga mengampuni pelaku2 agar mereka sadar dan bertobat serta membuka tabir ini dgn kesadaran tinggi diri sendiri!....Tuhan Ampunilah Dosa Dosa bangsa kami dari kemurkaan yang tlah kami lakukan terhadap sesama!amien.salam hangat para blogger!by Putra Nasionalis Tionghua Indonesia-Fasilitator&Conselor from UNFPA/LSM PKBI/PPTI/-Pengusaha Muda Tionghua Kalimantan Barat-

anes mengatakan...

ooh kasih komen dech tapi jangan pada marah yach

anes mengatakan...

dari dulu budaya kita udah di tekan,oleh pemerintah orde baru.gak boleh pake bahasa mandarin dan sekolah mandarin di tutup,tidak boleh main barongsai,sekolah harus belajar agama islam,kalau ada masalah ama anak pribumi ortu dan tetangganya akan datang mengajak ribut dengan membawa teman-temannya hingga 1 truk biar bisa kroyokan.kami bukan gak mau temenan dgn pribumi tetapi kalau udah temenan kita di peras,di palak,dan mereka sok lah.kita orang susah tapi gak mau menyusahkan orang lain,gak perlu iri,kita harus bekerja keras baru bisa sukses.contohnya saya sendiri dari gak punya modal sekarang bisa menghidupi karyawan 20 orang yang dulunya cuma anak seorang pemukul batu,sekolah gak pernah dikasih uang jajan,setiap kesekolah naik sepeda 8 kilometer.contoh lg kalau pemberian thr karyawan saya yang keturunnan uangnya di simpan buat suatu hari nanti buka usaha,yang pribumi di habiskan buat lebaran di kampung bahkan bisa minta pinjaman dga alasan kurang.kalau kerja berat dikit selalu mengeluh.dampak kerusuhan mei 98.lihatlah daerah yang terkena bencana apakah notabene daerah yang banyak suku tionghuanya?orang yang melakukan penjarahan dan pemerkosaan yang dulu udah mulai memetik karmanya saya denger di daerah pademangan ada yang lumpuh dulunya dia menjarah di daerah mangga 2,tidak semua org islam jelek dan gak semua cina baik tapi tergantung pergaulanya dan terus terang kalau masalah di tiduri lebih enak meniduri orang islam lebih keset.dan harganya lebih murah dibandingkan cungkok mahal sekalee.

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

milley mengatakan...

Memang bajingan semua yg terlibat dalam tragedi ini,bukan hanya pada thn 1998 saja kejadian ini berlanjut, hingga pada akhir2 ini juga terjadi penganiayaan terhadap etnis tionghua, pantas saja banyak terjadi bencana2 diindonesia, kalau saja qt (etnis Tionghua)boleh memilih kami akan memilih untuk kembali ke negara dimana kami berasal biar mati semua org pribumi yg berhati binantang dan yang bodoh ,jujur aja maasyarakat indo pri gak ada yang bs diandalkan selain membuat rendah dan memalukan bangsa sendiri,dasal tak tau malu,sadar gak sih kalau indo sudah gak ada harganya di negara lain disebabkan oleh masyarakat pri yg gak tau malu n gak bertanggung jawab .....
,mati aja semua kalian yg bernnuat kejam semoga Tuhan memberikan dan membalas dengan Kuasanya yg lebih kejam terhadap kalian semua,gak hanya dinegara sendiri pri juga selalu membuat bencana bagi negara lain ....dasal pembawa sial.

Hachiko mengatakan...

waduh2....
nih blognya buat saran ato perang nih?
sebaikny kt jgn blgi org indonesia tolol, bodoh, dll.
kt org cina jg tinggal di indonesia, kt sdh termsk org indonesia jg.
org pribum ato non pribum g ada yg namanya bodoh tuh tergantung dr kemauaanya sendiri.
mw bodoh ato pinter.
klo blognya buat manas2in gini terus mana bisa terciptanya kedamaian.
malahan bs2 kejadian yg dulu terjadi lagi.

Ferdinand mengatakan...

gw aneh ma orang2 yang benci ma orang cina...! mereka bilang orang cina sombong, blagu, nganggap pribumi babi, tidak tahu diri, dan mereka pantas diperlakukan bejat seperti pada kerusuhan mei..!!

oke... mungkin ada orang cina yang seperti itu, khususnya di Indonesia, tapi masa ga ada orang cina yang baik..? gw punya banyak temen orang cina dan mereka baeknya minta ampun...dan kebaikan mereka ma gw jauh sebelum kerusuhan mei, jadi tidak ada alasan bahwa setelah kerusuhan mei, baru mereka jadi "baik"..!

nah, sekarang kita bandingen deh ama orang-orang indonesia sendiri. Dari jumlah kesuluruhan orang Indonesia, berapa persen yang bejat, sombong, bangsat, makan uang rakyat, buat susah orang banyak..???
banding ama etnis cina diIndonesia..? dari keseluruhan etnis china di Indonesia, berapa persen yang bejat, sialan, sombong, dll..??

Intinya SAMA AJA...!!!!!!!

Disetiap kelompok masyarakat pasti ada yang cocoknya tinggal dihutan, dan ada yang cocok tinggal di peradaban manusia.

sayang..., kita meributkan dan "menghukum" etnis china, tapi tidak berkaca pada orang-orang kita sendiri yang lebih bejat dan binatang...! memperlakukan saudara2 sebangsa dan setanah air seperti babi...!! banyak orang china yang membantu perekonomian bangsa ini, dan banyak orang2 kita sendiri yang membunuh banyak orang dengan korupsi...!

acoxx mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
wenli mengatakan...

king of bandit
kalo engak ad orng cina,kau udh g ush makn
memng nenk moyang kita dri cina
tp kita engak kalian yng cuma bisa memers etnis kita
kelaut aja u

aileen mengatakan...

Yang paling bersalah adalah yang buat rusuh, bukan provokatornya. Jangan salahkan provokatornya, wong yang rusuh sendiri yang gobloknya ga ketulungan. Yang buat rusuh, merusak harta milik orang lain, membunuh, memperkosa, semuanya harus dihukum... tak peduli apapun alasannya. jangan mentang-mentang tuan rumah, jadi bisa seenaknya begitu...

uchi mengatakan...

hey kalian org2 china..
kayanya dendam banget ya ama org pribumi?? gw keturunan org china bokap gw china, nyokap gw sunda .. tapi bokap gw ga panatik kaya kalian tuh ..
kalo kalian ga suka ama orang pribumi.. kenapa ga pindah aja ke china?? susah2 amat sih.. kalo pindah kan kalian ga akan berhadapan lagi ama orang pribumi hahaha
eh buat lu tuh yang ngatain "indonesia kaya gara2 chinese" lu sombong banget sih.. udah punya apa lu ampe bisa ngemeng kaya gtu ??
klu marah and kesel c wajar aja tapi jangan mpe kesombongan lu ngancurin nama baik indonesia donk!!
tau ga c.. setiap gw chating ama org china asli pasti mereka selalu nanyain masalah ini !! meskipun gw kturunan org china tapi malu banget gw org china udah nganggep indonesia tuh parah gw ga terima lah masalahnya gw bagian dari orang indonesia juga.. tolong lah masalah ini jangan dibesar2kan, indonesia udah di nilai buruk sama org luar ditambah dengan masalah ini tambah aja makin parah! "cukup tau aja" tragedi 1998 itu memang ada tapi jangan di besar2kan..
jangan ambil pusing kalo lu masih jadi warga negara indonesia tolong jaga nama baik negara indonesia karna pribumi juga termasuk penduduk asli negara indonesia tapi klu lu udah muak ama org pribumi lu tinggal pindah kewarga negaraan aja !
gampang banget kan !!!

Ardana mengatakan...

bwt uchi,loe tw,klo loe tuh bego banget,loe mah cina memalukan,udh jelas2 ras loe dibunuh dengan kejam gitu msih aja bela indo,gw tw,orang cina gk selurunya baik,dan orang indo gk seluruhnya baik,tpi klo ada kejadian seperti itu ,msa loe kga sadar siapa yang salah?,hah! loe goblog tau gk!,udh jelas2 etnis china gk bersalah apa2,gitu msih diperkosa secara brutal dan dibunuh,pake tuh otak,pikir dolo baru ngomong

Jumadi mengatakan...

awwawa

Jumadi mengatakan...

wkwkwkw.......

Jumadi mengatakan...

wkwkwkkw.......

Jumadi mengatakan...

testing ANDROID..!!

jumadi111 mengatakan...

SDFS

Future Lord mengatakan...

sy bnr" tdk mngrti ap yg trjdi tahun itu krn sy msih brusia 4 thun..
tpi stlh sy bsr sy bru tw bhw ad kjdian mngrikan yang diluar bts kmnusian dan sy rasa itu adlh prbuatan iblis krn tak mngkin suatu agm mngjrkn kita utk mlkan prbtn yang sngt biadab dn diluar rsa kemanusiaan..
dmn rasa keagamaan yang klian banga"kan jiaklau klian melkukan hal yang biadab sprti ini...
kmi org chinese tk spnuhny chinese lgi krn kmi lahir dan tmbh d indo kmi trbias mkn mkn indo n bcr bhs indo bhkn bhs daerah pun kmi ad yg bisa ....
ini mnujjkn bhw kmi tlh mnytu dng kebudayaan indo..
dan sy rasa sjk zaman dolo org chinese sdh bnyk yg mntp di indo n tak prnh ad mslh koq..
trutm pd msa" krjaan ..
tpi skrg mngp sprti ini ..
jgn lah ad rsa cemburu krn tak smw org chinese kaya...
sy lahir di kluarga chinese yg miskin bhkn menyambut imlek sj say n klrg tak mrykany krn terbentur mslh uang
kmi mkn seadaya pucuk ubi campur cabe rawit n kecap bubur dll saat sy msih kcil

dri hidp yg susah itulah sy brsh mencri uang sndiri hngga skrg..
jdi mnurut sy kita sbgai org jgn prnh iri lah kalau kita tk mampu kita hrus brsuha n krj lbih giat agr bisa bersaing dng org lain...

org chinese ad bkn krn suatu kebutulan tpi lbih dari itu org chinese tlh ad sjk lama n sy sbgai org chinese menekankan bahwa sy tak prnh meremehkan atau merendahkan pri karna sy sadar kita satu bangsa, harusnya kita bersatu memajukan bangsa ini ....

Bhineka Tunggal Ika

tony mengatakan...

Perkosaan saat kerusuhan Mei 98 memang betul adanya, kalo mau buktinya kalian bisa dapatkan foto-fotonya di luar negeri karena saya pernah melihatnya waktu di BATAM. Kalo sini memang gak ada,karena dah di blokir/hapus untuk menutupi aib tersebut. Para pemerkosa itu akan ada HUKUMANNYA dari ALLAH/TUHAN/YESUS AMIN.......

HALAMANKU mengatakan...

..apapun alasannya.. tindakan kekerasan berupa perkosaan, penjarahan, pembunuhan, dan kekerasan lainnya haruslah mendapat hukuman yang setimpal... dan yakinlah.. orang yang bersalah pasti akan mendapat hukuman atas perbuatannya..jika manusia tidak mampu memberikan hukuman, maka tuhan sudah pasti akan memberikan ganjaran..jika tidak di dunia, maka di akhirat semua akan menerima balasannya...
...semoga kita semua mendapatkan kebaikan...

Menulis adalah hobby ku.... mengatakan...

Terkutuklah orang yang melakukan hal sekeji itu. Tapi perlu diketahui, tragedi ini dikendalikan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Janice mengatakan...

ada orang tolol kyk uchi.. lo rasain aja memek lo di rusakin.. diperkosa sama 7 org.. masi mw hidup lo emank??
bs lo masih waras di perkosa abang" item bau ketek jg... dongo bener".. apa lo emank doyan kontol x... biasa jualan pepek.. jd klo di perkosa malah keenakan..hahahahaha

cleopatra_doll mengatakan...

di dunia ini itu semua makhluk punya hak untuk tinggal dimanapun yg dia inginkan,,,soal kerusuhan mei '98 saya sbg seorang wanita jg tidak bisa terima atas apa yg menimpa wanita etnis china,,dan saya mengutuk perbuatan biadab itu,,,semoga Allah yang membalas perbuatan mereka di akhirat,,meskipun negara seolah tutup mata tapi Allah tidak akan menutup mata atas dosa yg mereka lakukan,,,balasannya akan lebih kejam daripada hukuman akhirat,,,
tetapi untuk @ian+law:saya benar2 tdk setuju atas apa yg kalian katakan,,apa kalian begitu memandang rendah warga pribumi???kata2 kalian yg mengatan klo tdk ada org china indonesia akan menjadi negara miskin,,,sungguh membuat saya harus menahan emosi,,,kalian mengutuk karna direndahkan oleh warga pribumi tpi kalian juga mengatakn hal2 yg merendahkan,,,sya tdk minta unt melupakan tpi jangan mengulang masa lalu,,,dg saling merendahkan masalah perbedaan ini tdk akan pernah selesai justru akan smkin meruncing,,,kita semua tahu trauma yg dialami para korban,,,tp apa hanya dg menyerang spt ini bisa mengembalikan keadaan para korban ato menghidupkan yg sudah tiada,,tidak ada satu orang pun di dunia ini yg bersedia unt direndahkan,,,@plural guy:untuk malas ato tidak it bukan mslh etnis tpi pribadi dr individu tolong jgn mengatakn hal yg provokatif klo anda adl manusia yg sempurna anda memang berhak berkata spt itu tpi sya yakin anda bukan malaikat tp manusia biasa yg pasti juga memiliki sifat buruk,,oke spt kata @climber"sblm bicara ngaca dulu",,,terima kasih sudah mau membaca,,,

Generson mengatakan...

Yang paling saya kasian adl pihak wanita. meskupun gw cowo, gw bisa merasakan kalo pemerkosaan adl noda/derita seumur hidup yg mereka rasakan.. Apalagi gmana prasaan pasangan/suami ketika wanita mrk diperkosa massal seperti itu..
Toh etnis Tiong Hoa bukannya dpt uang jatuh dari langit, tp juga sama" brusaha keras..
Yang pasti kerusuhan 1998 membuat Indonesia mengalami kemunduran besar, byk toko" / perusahaan bangkrut.. Akibatnya? krisis ekonomi yg dialami baik etnis Tiong Hoa maupun para perusuh..
Jadi sblm bertindak, pikirkan dl baik", jgn keturunan anda juga yg ntinya menderita

HKY mengatakan...

yang sudah berlalu biarlah berlalu.. Marilah maju bersaama agar indonesia isa maju dan menjadi lebih baik.. skrg koruptor lah yg menjadi musuh bersama.. Love indonesia..

andre mengatakan...

ya ya ya,maaf nimbrung,klo ada kjadian perkosaan,pmbunuhan,pokoknya yg brbau kriminal,sebaiknya di laporkan,klo tdk ada laporan,bgaimana dan apa dasar untk mlakukan pnangkapan dan penahanan kpd trsangka,pa lg ada bukti foto, hukum tdk ada yg kadaluarsa kok, wlau trsangka mo 1orng ,1000orng klo ada bukt bs kok di ungkap kasus nya,trsangka jg gk pndng bulu,ntah tu pribumi atau etnis,sbaiknya di lporkan,biar pnuh pnjaranya,.jd jgn cm ndongkol disni aja,klo mang mo bntu tmn2 korbn sbaiknya cr bukti,dan lporkan,

landung bali mengatakan...

landung dr bali,

saya orng bali asli, saya hanya bs komentar:...sy tdk berani bcr soal ras, itu sngt complicated, slh ngomomg bs jd bencana..!! yg jls " haii para penjarah dn pemerkosa yg biadab, ingtlah smua mkhluk hidup pnya roh, roh sifatnya kekal abadi, jadi: apapun yg anda lakukan trhadap si korban yg meninggl akan sngt merugikan hdp anda sampe anak cucu kalian, krn roh yg penasaran tdk akan pernah berhenti tuk bls dendam, krn roh orng mati penasaran lbh kejam dari iblis..Maaf,klu itu trjadi dpulau bali itu ada upcr bsr skl yg d sebut BENDU PIDUKA / ato permintaan maaf yg bersiaft maya yaitu tuhan dn roh yg d tujukan kpd si korban maupun yg mengusai jgt raya ( dunia)secara niskala (maya)agar si korban tdk bls dendam berlarut2..skr mari kita berdoa khusus buat si korban dn bangsa indonesia umumnya yg telah mengakui adanya lima agama.

Bali love peace.

SMILE..!!

stanley au mengatakan...

Lowongan bagi rakyat Indonesia :
Kriteria : Patriot, adil, tidak
rasial, anti korupsi.
Umur : Minimal 17 tahun
Pendidikan : Bebas
Info lengkap di www.ahok.org

stanley au mengatakan...

Lowongan ber Karya untuk Bangsa :
Kriteria : Adil, Jujur, Tidak
Rasial, Patriot.
Umur : Minimal 17 Tahun
Pendidikan : Bebas
Info lengkap www.ahok.org

stanley au mengatakan...

Kenapa negara kita tetap MISKIN ?
"KORUPSI MENGHANCURKAN NEGERI INI"
GIMANA MENCEGAHNYA ?
"BUTUH PEMIMPIN2 YANG PATRIOT, JUJUR, ADIL, BERANI, ANTI KORUPSI DAN TELAH TERBUKTI MEMILIKI KARYA SELAMA MENJADI PEJABAT."
Para pemuda pemudi bangsa Indonesia, segera wujudkan PERUBAHAN Indoensia, dengan memberikan dukungan anda bagi gerakan PERUBAHAN Bangsa kita.
Info lengkap : www.ahok.org
MERDEKA MERDEKA MERDEKA

stanley au mengatakan...

Kenapa korupsi sulit di hilangkan?
Karena dari awal Rakyat yang mengizinkan.
Kenapa?
Rakyat diimingi paket sembako, money politik,dll saat pemilu, pilkada
Jadi ?
Yah, pemimpin yang dipilih itu hanya mereka yang punya Uang bukan KEMAMPUAN untuk membangun Bangsa.
Kalo sudah menang pemilu/pilkada, yah cari duit BALEK untuk Modal lagi.
Belum lagi kepentingan2 kelompok yang mengusung mereka.
Mana ada waktu lagi urusi rakyat?
Jadi seharusnya gimana?
Kita harus ada PERUBAHAN, paling aman pilih anggota INDEPENDEN YANG BERSIH,JUJUR, ANTI KORUPSI DAN SUDAH TERBUKTI KARYANYA SERTA BEBAS DARI KEPENTINGAN KELOMPOK

RAKYAT HARUS MENGERTI, TELITI DAN PINTAR DALAM MENENTUKAN NASIB BANGSA
SUARA JANGAN DIPERJUAL BELI
KARENA AKAN CIPTAKAN PENGKHIANAT BANGSA YANG BERKELOMPOK, BERKOLUSI UNTUK KORUPSI, PARA KORUPTOR PENGHANCUR BANGSA.

INFO : WWW.AHOK.ORG

stanley au mengatakan...

KITA BUKAN HANYA DIPECAH BELAH OLEH KAUM PENJAJAH, KITA SEKARANG DIPECAH BELAH OLEH PARA ELIT POLITIK, AGAR MUDAH MEREKA BERSAMA BERKOLUSI DAN KORUPSI.
MARI KITA SEMUA 'BERSATU' MEMBENTUK PERUBAHAN INDONESIA.
RAKYAT SUDAH MUAK DENGAN PEMIMPIN2 BESAR DAN KELOMPOK2 BESAR, TIAP HARI HANYA CAKAR2AN, TIDAK PIKIRKAN KARYA NYATA BAGI BANGSA.
WAHAI PARA PEMIMPIN BANGSA, SAAT INI HARUS BERLOMBA2 BERKARYA MEMBANGUN NEGARA, BUKAN BERLOMBA2 MENCARI SIMPATI RAKYAT DENGAN BERSANDIWARA,HARUS DENGAN TUNJUKAN BUKTI KARYA NYATA, BUKAN JANJI/KONTRAK POLITI YANG TIDAK BISA TERBUKTI, KARENA RAKYAT SUDAH MUAK BERMIMPI.
KITA TIDAK MAU JUAL NEGERI INI KEPADA PARA KORUPTOR N KROCO2NYA, KITA MAU MEREKA SEMUA BALIKKAN UANG NEGARA AGAR RAKYAT TIDAK MENDERITA.
Bpk Presiden yang Terhormat,
jika ada waktu melihat anak jalanaN UNTUK TUNJUKKAN SIMPATI atas apa yang diderita Rakyat karena KORUPSI, tolonglah sediakan waktu untuk JUMPAI para Patriot Bangsa SEJATI yang lagi BERUSAHA, wujudkan PERUBAHAN INDONESIA.
HARUS TEGAS NEGARA INI UNTUK BRANTAS KORUPSI, MONEY POLITIK JANGAN DIJADIKAN RAHASIA UMUM DAN DIBIARI, ITU HANYA MENGHANCURKAN MASA DEPAN RAKYAT INI.
KITA PERCAYA, MASIH ADA PEJABAT YANG PUNYA HATI NURANI, JUJUR N ANTI KORUPSI.
ITULAH YANG HARUS ANDA PILIH, AGAR MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BANGSA YANG TEPAT,BERPRESTASI, BUKAN BOCOR SANA SINI KARENA KORUPSI.

Love n Peace mengatakan...

Sabar.. Sabar.. disini yg jadi masalah bukan RASnya... udalah jagan pada ribut2... mau sampai kapan se ributin masalah RAS.. cina ataupun pribumi sama saja... sama2 makan nasi kan ??? sama2 ciptaan Tuhan kan ??? marilah kita2 sama instropeksi diri... menurut sy bukan masalah RASnya tapi masalah pribadi dari orang2 tersebut... so,jgn RAS yg dijadikan masalah... qta semua itu adalah saudara.. untuk para permerkosa2 tahun 98.. semoga mereka mendapatkan hukuman yg setimpal dengan perbuatan mereka.. thx..peace n love

elia mengatakan...

saya tidak dapat berkomentar banyak, saya bukan org chinese, saya pribumi, tapi saya sangat benci dengan tragedi yg terjadi pada tahun 1998, karna saya seorang wanita. saya tau bagaimana perasaan seorang wanita yg di perkosa apalagi saat ini dia masih hidup, saya yakin jiwanya tergoncang. tapi, semuanya sudah terjadi, satu hal yang harus kita lakukan adalah, berdoa. TUHAN tolong semuanya, TUHAN tolong orang-orang yang menjadi korban, TUHAN tolong keluarga mereka, dimanapun mereka berada, TUHAN PULIHKAN kehidupan mereka Dalam Nama Tuhan Yesus, aku pun berdoa buat pelaku2 yang tidak punya pikiran, Demi nama YESUS mereka bertobat. satu hal aku yakin dalam jiwa dan hati para pelaku ada beban yang mereka pikul, aku yakin ada penyesalan yang mendalam, AKU BERDOA supaya mereka bertobat,minta ampun pada TUHAN, dan menyerahkan diri kepada pihak yang berwajib.aku berdoa supaya permasalahan ini di selesaikan dengan benar,baik, dan adil DALAM NAMA YESUS. aku juga berdoa supaya TUHAN PULIHKAN INDONESIA. siapapun kita dari suku apapun kita atau dari ras apapun, dari agama apapun, yang harus kita tumbuhkan adalah kebersamaan. terimakasih. damai sejahtera ALLAH melingkupi kita.TUHAN YESUS MEMBERKATI.

Inforiatif mengatakan...

saya cuma bia memberikan sedikit kata - kata ,, adzab tuhan akan jauh lebih menyakitkan . Tegakkan kebenaran dengan sebuah keadlian
inforiatif.com

conquer mengatakan...

kalo saya boleh ikut nyeletuk, hentikan kita bicara tentang etnis tertentu. siapapun korban tak peduli mereka keturunan darimana mereka adalah orang Indonesia juga, dan sangat berhak untuk mendapatkan bantuan berupa moril. perlindungan hukum atau apapun yang dibutuhkan, dan untuk pelaku siapapun dia harus mendapat ganjaran. saya sendiri sebagai org jawa lebih suka kepada keturunan tionghoa yang baik, dan bertakwa kepada Tuhan ketimbang org jawa tp kelakuan bejat. dan sebaliknya mungkin juga ada keturunan tionghoa yg saya benci, tp karena kelakuannya. bkn krn keturunannya.jadi saya mnta tlg untuk anda yg menulis blog ini dan kawan2 yg berkomentar, sebuah fakta kebenaran memang harus diungkapkan. tapi tidak usah menggaris bawahi tentang perbedaan ras, saya sebagai sesama warga Indonesia amat simpati terhadap korban2 kerusuhan mei itu. Biarlah para pemerkosa biadab itu berlaku rasis, kita tidak usah ikut2an.

garamex mengatakan...

@LAW OMONGAN LU CUMA HAYALAN. ADANYA RUSUH GARA2 ADA CINA MODEL KAYA LO

billy_pentung mengatakan...

@conquer ane setuju bngt sama ente..luka lama di ungkit kapan selesai nya...jaman sekarang bnyk warga keturunan yg nikah sm pribumi..jgn lah luka lama di ungkit lg,niar lah itu urusan tuhan ada hukum karma...kita semua warga INDONESIA,mau apa ras nya tetap INDONESIA..

dave raymond mengatakan...

kalian orang pribumi gk usah banyak ngomong lagi,,,klo dah salah ya ngaku salah saja,,,orang chinese nikah sama orang pribumi itu mungkin karna mereka di pelet atau di guna2,,,mana mungkin klo gk di gna2 mereka mua nikah sama orang pribumi,,,,kalian pikir ja apa yang orang pribumi lakukan terhadap orang tionghoa,,,jadi gk mungkin klo gk di guna2 mereka mau nikah sama orang pribumi,,,,kebiadaban orang pribumi gak bisa di ampuni hukuman yang pantas diterima adalah hukuman MATI.

dave raymond mengatakan...

TERKUTUKLAH KALIAN2 YANG MELAKUKAN PEMERKOSAAN ITU,,,,TERKUTUKLAH KALIAN MANUSIA BIADAB,,,TERKUTUKLAH KALIAN MANUSIA TIDAK BERPRIKEMANUSIAAN,,,
TERKUTUKLAH KALIAN MANUSIA TIDAH PUNYA HATI NURANI,,,,
MAKA DISAAT KALIAN MAU MATI KALIAN AKAN TERSIKSA DAN TERSIKSA LEBIH DARI APA YANG KALIAN LAKUKAN DI TAHUN 1998,,,TUHAN AKAN MENGHUKUM KALIAN YANG MELAKUKANNYA DI SAAT KALIAN MATI...KALIAN AKAN DI TEMPATKAN DI NERAKA JAHANAM,,,TUHAN AKAN MENEMPATKAN KALIAN DISANA DAN AKAN MEMBAKAR KALIAN YANG TIDAK BERPRIKEMANUSIAAN.....

niwidyaningrum mengatakan...

saya bukan keturunan atau orang tionghoa. tapi jujur saja jika cerita diatas benar adanya, ini benar-benar tindakan yang sgt melanggar ham. kasus mei 1998 yang diingat hanya penembakan terhadap mahasiswa oleh polisi. saya seorang mahasiswa, dan sering berpikir kenapa kasus yang disorot hanya kasus tersebut? apa kabar dengan orang2 minoritas (tionghoa)yang juga menjadi korban, mereka juga WNI kan, dan banyak dari kalian yg masih mendiskriminasikan mereka.

ada apa dengan integritas kita? menyedihkan memang

Nogiwa Nogi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Nogiwa Nogi mengatakan...

Saya orang tionghoa, Saya turut bersedih atas terjadinya hal tsb. Saya jg dendam kpd mereka yg melakukan semua itu. Semoga mereka yg melakukan perbuatan tsb di berikan karma yg setimpal atas apa yg mereka perbuat. Kalo kalian orang" tionghoa sudah sadar akan kasus tahun 1998, sebaiknya jgnlah menikahi orang" pribumi. Lebih baik menikahlah dengan sesama suku tionghoa.

Ahmad Freedom mengatakan...

"KAMI DAN KALIAN" dua kata inilah yang jadi provokator, dan kita kembali melihat itu dari komentar2 diatas, miris melihat sumbu bom 1998 kembali dinyalakan disini.

anti pribumi mengatakan...

POKOKNYA JANGAN PERNAH BERGAUL DENGAN ORANG PRIBUMI..

CITA-CITA SAYA AJA INGIN MEM BOMBARDIR MEKKAH TAPI SAYANG SAYA TIDAK DIBERI PENGETAHUAN UNTUK MEMBUAT ALAT PELEDAK..

isiharddisk mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
isiharddisk mengatakan...

saya setuju sekali dengan @anti pribumi . . . .
kasihan tuh para korban... coba kalian yang menjadi korban ..?? gimana rasa nya?
sungguh tidak ber prikemanusiaan...!!!

NIA samosir mengatakan...

anjing Lo semua org cina! klw G terima, udah balek aja sana kenegara LO. Negara Lo juga Gak aman. Banyak PSK'a, klen pikir dlu, ngapain klen di indo kalau klen bisa kaya di negara lo. Taek Lo, Sok suci. Wajah ganteng2 dan cntik2 tpi hati dan prilaku klen sprti binatang lebih2 dr pelaku2 prstwa 98. Soal karma di negara Indo ini, itu g ada. Alsan yg kuat adalh emg letk geografis indo yg mudh trjdi ncna! Klen pkir klen dah pntar?? itu aja klen g Tau. G usah bnyak cakap Lah Klen. Ngomong aja klen udah kayak BABI BUNTAL yang klau ngomong mulutnya monyong2. dasar PINAHAN LOBU!!! jiwa seks klen lebih besar dan rakus dr warga negra REPUBLIK INDONESIA RAYA. mampus aja klen aja sana. SATU KATA BUAT LO YANG UDAH NGERENDAHIN WARGA INDONESIA, FUCK!!!!!!!!

hendra oei mengatakan...

ini adalah pengalaman yg menyakitan bagi kami, kami juga orang indonesia.. kami lahir besar disini, negara pun mengakui etnis tionghoa-indonesia seagai salah satu suku/etnis di ndonesia.. mengapa kami tidak mendapat hak yg sesuai seperti mayoritas warga indonesia?
bukankah banyak dari kami yg menyumbang prestasi bagi indonesia?
please respect.. kami juga "BANGSA INDONESIA !"

Xin mengatakan...

@ para warga indonesia yg etnis cina
Janganlah kalian kuatir dengan posisi kalian di Indonesia, kami yg pribumi akan selalu menghargai kalian. Kami tidak rasis kok, mungkin itu hanya beberapa pihak saja yg jumlahnya kecil.
Yang jelas, kita harus sadar bahwa kita ini sama2 hidup di indonesia, KTP kita sama2 indonesia, jadi kita harus rukun satu sama lain dan jangan memandang orang dari rasnya.
Dengan hidup rukun berdampingan, niscaya kita semua akan sama2 merasakan nikmat dan bahagia.

Salam Bhineka Tunggal Ika

andrey hardiman mengatakan...

Benar.kalo perlu hancurkan orang jawa.daridulu orang jawa jelek dari segi fisik maupun moral
Derajat kita ga level sama orng pribumi

andrey hardiman mengatakan...

Benar.kalo perlu hancurkan orang jawa.daridulu orang jawa jelek dari segi fisik maupun moral
Derajat kita ga level sama orng pribumi

Yogi Ronald mengatakan...

menurut saya kerusuhan mei bukan karena masyarakat, tetapi karena presiden waktu itu soeharto yang tidak sesuai dengan pancasila yang ke 5 yang isinya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, tetapi ketika presiden soeharto pancasila yang ke 5 itu seperti di abaikan,, maka terjadi tragedi seperti itu,, sampai pancasila yang ke 5 itu seperti yang di abaikan pejabat, DPR, MPR, PRESIDEN tidak peduli sama orang" miskin yang membutuhkan perhatian penuh dari pemerintah, yang mereka pikirkan cuma harta, jika indonesia masih seperti ini terus menerus, saya yakin indonesia bakalan hancur, lebih baik hapus pancasila yang ke 5, kalau para pejabat tinggi tidak peduli dengan rakyat" kecil, indonesia itu negri yang kaya tetapi kekayaan negri indonesia sudah habis di habiskan oleh para pejabat", di UUD tercantum, saya cuma ambil intinya saja, yang isinya dari rakyat untuk rakyat, tapi mana yang ada juga dari rakyat untuk pemerintah.. DPR ( DEWAN PENINDAS RAKYAT )

Pecinta kebenaran mengatakan...

"kalau boleh jujur sering saya dengar orang cina akan lebih memilih jodoh keturunan cina pula" pernyataan ini maksudnya apa?mau menghilang kan ras chinese di indonesia? apakah lebih baik tidak ada ras chinese di indonesia sehingga indonesia bisa kebih maju?maunya semua jadi blasteran tdak ada lagi ras chinese? orang blasteran juga ga diakui rasnya ? ga diterima di semua lingkungan? sebenarnya kenapa ga menikah sesama ras dan melestarikannya? sama2x kontribusinya ke negara. apakah merasa ras chinese lebih baik dari ras pribumi sehingga harus kawin dengan ras pribumi sehingga melahirkan blasteran yang tidak mempunyai ras?

Pecinta kebenaran mengatakan...

" seharusnya orang pribumi-pun juga harus bisa menjaga sikap yang baik sebagai tuan rumah" ini saya setuju !!!
" orang cina akan lebih memilih jodoh keturunan cina pula" saya setuju! kalau "orang pribumi semua babi" saya tidak setuju.! hinaan tidak boleh.
Emangnya ga boleh menikah sesama ras dan melestarikan rasnya? maksudnya mau menghilangkan ras chinese? yg salah bukan ras tapi orang yang rasis! kenapa maunya kawin dengan ras chinese? ras chinese lebih baik dari ras pribumi maksudnya? mau menghilangkan ras chinese ?? sehingga maunya kawin campur sehingga melahirkan anak blasteran yang tidak mempunyai ras sehingga tdk diterima di lingkungan chinese dan juga tidak di terima di lingkungan pribumi????? KENAPA TIDAK BOLEH KAWIN SESAMA RAS???? supaya tidak ada ras chinese lg? kontribusi sama dan kecintaan thd negara sama. apakah indonesia lebih baik dari awal tidak ada sama sekali orang chinesenya ? biar indonesia lebih maju dan lebih damai tanpa orang chinese sama sekali? kenapa tdak tdak saling menghargai terhadap ras yang ada? kenapa selalu mendiskriminasi ras?? orang yang didiskriminasi apa masih mencintai negara ini? sama2x nenek kakek lahir dari negara ini kenapa selalu mendiskriminasi ras? emangnya orang pribumi lebih mencintai negaranya dan tidak korupsi karena kecintaannya thd negara?

jimmy shebastian mengatakan...

bener2 perbuatan biadab...,,,gak semua orang china jahat bung,malah mereka bnyk yang baik juga.

maman maantap mengatakan...

Walaupun sekiranya cina tidak ada di Indonesia, Indonesia akan tetap maju dan kaya, karena Indonesia adalah negara kaya akan hasil bumi,tanah dan laut, selama ini justru kaum cina lah yg kebanyakan menyedot hasil kekayaan alam Indonesia melalui para konglomerat hitam yg rakus, dan hasil keuntungan mereka kirim ke luar negeri utk mendukung kemajuan mereka saja, kaum cina juga memonopoli ekonomi dan pasar sehingga kemajuan kaum cina di Indonesia layaknya standar hidup bangsa-bangsa barat di eropa karena kelicikan chauvinisme demi memajukan golongannya saja membuat kelas bawah banyak hidup dibawah garis kemiskinan tak mengalami kemajuan hidup, mau tak mau harus jadi kuli seperti kaum cina inginkan secara sistematis agar semua bangsa Indonesia tidak maju, mereka dapat menguasai Indonesia secara keseluruhan untuk mendirikan NANYANG yg dijanjikan bagi mereka.
sebaiknya kaum cina tak perlu gegabah se-extrim itu, seharusnya
cina harus menyamakan diri dengan bangsa Indonesia, menjadikan mereka sederajat satu sama lain dengan golongan penduduk asli, tak ada pengelompokan dan chauvinisme. jika kalian takut akan kehilangan identitas kecinaan kalian biarkanlah demi NKRI yg kita tempati ini, biarkanlah negara leluhur daratan yg akan melestarikan identitas bangsa cina toh cina tak akan hilang dari muka bumi kalau itu yg cina takuti, karena Indonesia bukanlah cina daratan. janganlah bermusuhan dengan kaum penduduk asli Indonesia dan jangan menganggap derajat mereka lebih rendah dibandingkan anda, karena mereka adalah tuan ditanah. jgn hanya menyalahkan pribumi dan belanda, sepatutnya kita menjaga sikap untuk menjaga ketentraman semua pihak. tapi jangan hanya utk golongan cina saja tapi utk seluruh warga Indonesia.

monyet mengatakan...

Kayak monyek...tanah jawa pling byak manusianya.....

monyet mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
monyet mengatakan...

Hari pembalasan akan tiba....bagi manusia binatang laknat.....pulau jawa

joel hikaru mengatakan...

Udahlah u olang chinese jangan merasa sok hebat yaa.. gw pernah punya tmn2 orang China asli waktu kerja bareng di jepang, tp menurut pandangan orang Jepang Orang Indonesia lebih bagus drpd China.. Orang china bego2.. hahahaaa

Scar Face mengatakan...

pemerkosaan memang terjadi, tp terlalu di dramatisir, smpai skrg bukti autentik pmerkosaan yg kejam tdk ad, klo RRC memang hebat hrusnya mreka bs membantu mndptkan bukti kuat tentang yg kejam2, sya ingat wktu trjadi krusuhan trsebut, kami malah ikut melindungi warga kturunan cina... ingat bung, kalau kalian msih mnganggap diri kalian cina yg berasal dr cina sana, kalian sama saja mnumpang di Indo, org numpang hrus sopan!

ryu hyde mengatakan...

@scar face... kalau mau dibilang numpang, sadarlah pake otak yg sehat... sejak kapan Tuhan menciptakan pulau2 yg ada di sini di kasih hak khusus bagi kalian untuk dengan seenaknya mematenkan "ini tanah bukan untuk orang china, dan etnis lainnya..." ?????
sampai2 anda dengan pede nya bisa bilang kalau org cina tinggal disini = numpang...?????
smua milik Tuhan, ga ada kata tuan rumah atau penumpang smua punya hak yg sama untuk hidup dan tinggal menetap, kalau mau minta hak paten mintalah pada Tuhan, bukan jadi pengecut yg cuma bisa menggunakan kuantitas mayoritas sbg tameng...!!
jika anda suatu hari beserta keluarga tinggal menetap di amerika, dan putri anda diperkosa habis2an oleh 10 pria amerika mirip tragedi 98 yg menimpa etnis tionghoa, bagaimana perasaan anda saat orang2 amerika bilang... "anda cuma numpang disini, jadi sadar diri!!"

ryu hyde mengatakan...

saya kasih komentar... dulu mama saya berkata, sudah sejak dulu rakyat tionghoa diperas habis2an disini, tapi ga pernah diberikan hak untuk hidup sebagaimana mestinya... mau Bukti??? cb survey, penyumbang perekonomian negara terbesar berasal dari pri bumi atau org tionghoa... tapi lihat balasannya, pernah keliatan ga ada orang tionghoa yg masuk kursi politik? sedikit banget!!!! yg paling terkenal cuma ahok!!

dari cerita diatas aja uda keliatan kan rasisnya...???
kenapa pas di bus, yg disuruh turun cuma perempuan etnis tionghoa???? yg diperkosa, nari telanjang, dilecehkan smua perempuan tionghoa... ga ada yg pribumi??
kenapa???????
oke, orang pribumi bisa bilang kami rasis... tapi tindakan konkret rasis dari kaum mana yg lebih jelas terlihat mata???

kenapa org tionghoa lbh unggul...???
ga bermaksud provokasi...
tapi ini adl fakta bahwa bangsa tionghoa menjunjung tinggi moralitas dan nilai luhur!!!
sekalipun tionghoa menderita dan kelaparan, ga pernah merampok, mencuri, dll tapi malah pinjem modal sama sodara untuk membangun usaha... sejak kecil di setiap keluarga tionghoa pasti di didik untuk punya mental pengusaha, bukan mental kriminalis, mental pengemis, mental preman, dll.. atau mental tukang parkiran liar yg ga keluarin modal duid sama sekali, ga pernah keluar uang utk beli tanah utk lahan parkir di seven eleven, lawson, indomaret, alfamart dll, cuma modal duduk diem ngeliatin kendaraan pengunjung ga pake cape atau keringat sama sekali tiap hari, kalo motor atau mobil yg diparkir kenapa2 kaga diganti sama sekali, tapi masih berani minta uang parkir 3000 rupiah per kendaraan motor dan 5000 rupiah per mobil...
kasarnya cuma bengong tapi minta dibayar... tionghoa ga prnh didik mental kyk bgitu ke generasi2nya, yg ada setiap generasi di didik utk jd org yg bermoral dan trus berusaha berpikir maju dan bekerja keras!

pernah ga ngeliat ada org tionghoa yg ngemis2 dijalan?
pernah ga ngeliat ada org tionghoa yg jadi pembantu rumah tangga??

soal moralitas dan nilai luhur bangsa tionghoa

1. saya dari kecil nonton tv ga pernah satu kalipun ngeliat ada org dari etnis tionghoa yg pernah jadi kriminalis semisal ngerampok, memperkosa, membunuh, mencuri dll...

tapi kl pribumi?

ada loh kakek2 perkosa cucunya sendiri yg msh kecil dan innocent..
ada loh bapak kandung hamilin putrinya sendiri...
ada loh putra kandung yg gaulin ibu kandungnya sendiri...
ada juga seorang kakak yg tega cabulin adiknya sendiri..

pernah ga nemu cerita org tionghoa pernah lakuin kejahatan ga bermoral yg sama seperti itu di tv??

2. untuk hal2 kecil... sering banget loh saya ngeliat anak2 kecil kaum pribumi main lari2an di luar rumahnya sambil telanjang... tapi coba kl keluarga tionghoa... ga pake baju dan celana di rumah aja, mama nya bakalan bilang... "dek, malu ih telanjang ga pake baju... burungnya keliatan tuh, malu ihhh.." sejak kecil bahkan tionghoa di didik untuk punya rasa malu..

3. bahkan saya sering banget denger ada anak2 msh SD ngomong kotor... "ngent*t", "mem*k", tit*t", kont"l, dsb.... coba tebak, siapakah mereka???
tp belum pernah denger ada bocah SD tionghoa punya mulut sekasar itu...


kesimpulan... semua orang hebat, berasal dari akhlak, moral dan budi pekerti yg baik...
so, jgn iri dan dengki... krn kualitas seseorang sudah dibentuk mulai dari tatanan yg paling sederhana, yaitu dalam lingkungan rumah, dalam lingkungan keluarga, khususnya para orang tua dalam mendidik anak... kalau mau punya generasi yg baik, mulailah jadi orang tua yg baik yg mendidik anak2 dengan moral dan nilai2 luhur, bahkan mulai dari hal-hal kecil dan sepele.. lebih baik masing2 dari kita entah tionghoa ataupun pribumi, sama2 mikir salah kita apa, refleksi... trims..

ryu hyde mengatakan...

soal tinggal menetap disini... sangat disayangkan memang, waktu ga bisa diulang... kami yg tionghoa pasti punya rasa pilu sendiri ngeliat sesama etnis kami jadi korban kriminal... saya sendiri kesal, kenapa dulu nenek moyang kami sampai harus dateng ke sini, tapi nasi sudah jadi bubur...

mungkin kalau aja nenek moyang kami bisa baca masa depan kalau generasi2 cucu cicitnya bakalan diperlakukan tidak manusiawi disini, mereka juga ga akan mau tinggal disini dan melahirkan generasinya disini hanya untuk menjadi "penyumbang" perekonomian namun setelah nya dijadikan korban kriminal..!

bukti bisa saja diberikan, tapi saya jamin para korban ga berani publikasi, karena takut diincar dan dibunuh mungkin kalau sampai benar terbukti bahwa telah terjadi kasus pemerkosaan massal di tragedi tahun 98 silam... coba bayangkan seberapa kasihannya mereka, bahkan mau mencritakan kebenaran aja masih dibayangin rasa takut dan trauma...

back to topic...
kita berdoa saja supaya para oknum kriminal tersebut bisa segera tertangkap... lebih baik dihukum oleh hukum manusia drpd dihukuma dengan hukum Tuhan...

semoga saja ada hikmah dibalik masa lalu yg kelam..

ryu hyde mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
ryu hyde mengatakan...

saya luruskan beberapa hal.. orang tionghoa, lebih milih nikah sesam tionghoa bukan seperti yg selama ini pribumi pikirkan...

tionghoa selalu mencintai identitas mereka sebagai tionghoa...
kami jelas nasionalis dengan etnis kami..
bukan hanya itu, tapi juga karena dari segi pemikiran, perilaku, kebudayaan, tionghoa dan pribumi beda... makanan aja beda, simpel aja... apa yg kami makan, kalian anggep haram...


itulah kenapa, jarang banget (bukannya tidak ada) etnis tionghoa memilih menikah berbeda ras...

sekarang begini, kalau kalian memang mengatakan kami diskriminasi bilang tionghoa merendahkan pribumi, kalau kalian tidak setuju, tunjukan dengan perbuatan!
nyatanya bukannya memperlihatkan sisi manusiawi, malah memperlihatkan perilaku binatang seperti tragedi diatas...
bagaimana caranya tionghoa tidak membenci kalian?

lagi2 soal moral... coba simpel aja, dari semua komentar diatas... ada ga yg dari kubu tionghoa ngomong kotor?

saya jelas2 menemukan tadi ada yg keluarkan komentar kasar dari orang yg menghina tionghoa, bahkan sampai keluar kata "F#CK...!!!!!"

CAN YOU SEE THE DIFFERENCE...???
MAKIN MEMBUAT MALU KAUM KALIAN SENDIRI KAN?

intinya mulai sekarang refleksi dan perbaiki, simple.. trims

anthony sun mengatakan...

Saya bangga jdi org tionghoa karena org tionghoa sopan dlm berbicara ngk kya pribumi yg kasar kta" nya :). Maaf jika saya salah kta

pahrie mengatakan...

ada aj ya orang pendatang ke indo..menghina org pribumi lg, kalo lo bilang org pribumi itu kasar balik aj ke kampung halaman lo sana,biar ngga ad masalah di negara ini,Amang lo malaikat seenaknya aj... Menghina kami orang indonesia ,ngga ad org tionghoa juga ngga papa ......,pulang aj ya .....

Standart Shop Rossoneri mengatakan...

Pemerkosa akan diBalas Dineraka...

Boleh hukum dunia dia tidak terlacak.

Neraka lah tempatmu wahai pemerkosa Etnis Tionghoa...

Caroline Tancho mengatakan...

Pantes dulu papaku selalu bilang orang pribumi jahat dan sama sekali ga boleh main sama temenku yang orang pribumi. Orang Tionghoa bukanya ga teriak bukanya ga bersuara sama sekali dari lubuk hati orang orang Tionghoa masi ada rasa takut akan hal itu terulang kita ga pernah memandang rendah atau tingginya derajat pribumi atau cina. Bagi kita sama aja kalopun ada yang bersikap dingin bisa saja mereka salah satu anggota yang keluarganya menjadi korban. Setelah tau cerita ini memang gue yang bacapun ikut sakit hati dan tersiksa apalagi perasaan korban korban itu ? Saya berharap gak akan terjadi seperti itu lagi, saya harap kita semua bisa hidup lebih damai menghargai satu sama lain.. Toh kita semua sama, yang terpenting kita selalu jalani hidup ini lebih baik lagi,, amin..

heru suryandoko mengatakan...

Sebenarnya kasus seperti di atas bisa dihindari kalau masing2 pihak,baik etnis tionghoa ataupun pribumi saling menyadari bahwa mereka tinggal dalam satu atap yaitu Indonesia.karena hidup dalam satu kawasan seharusnya mengerti landasan hidup,pedoman hidup,pegangan hidup bangsa Indonesia yaitu Pancasila.tetapi yg terjadi bukan nilai2 luhur Pancasila yg dikedepankan tetapi justru perbedaan yg ditonjolkan.tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan etnis tionghoa menganggap kita orang pribumi derajadnya di bawah mereka,karena secara umum taraf kehidupan ekonomi etnis tionghoa diatas orang pribumi.tetapi seharusnya disadari bahwa sebagian besar orang pribumi agamanya Islam dan dalam Islam ada halal dan haram bahkan dalam mencari nafkahpun dilarang mendapatkan uang/harta dg cara2 yg melanggar syariat agama Islam contoh monopoli,beli murah jual mahal,membungakan uang,menjual barang asli tapi palsu,dsb.oleh karena itu biasanya kita orang pribumi bekerja yg aman 2 saja asal rejeki yg kita terima halal dan tidak melanggar syariat agama Islam misalnya bertani,berkebun,tukang kayu,beternak unggas,dsb,memang karena pekerjaan yg rendahan hasinya sedikit maka wajar kalau orang pribumi tidak cepat kaya.tetapi hal yg demikian bagi sebagian besar orang pribumi tidak menjadi masalah karena kita tidak mengejar harta duniawi,tetapi lebih pada mengejar kehidupan religi yaitu ketenangan,keamanan,ketentraman,dan akherat.semakin banyak harta maka manusia semakin diperbudak harta tsb,padahal harta tdk akan dibawa mati,amal ibadah kita saja yg bisa menyelamatkan kita dunia sampai akherat.mungkin inilah perbedaan mendasar dari etnis tionghoa dg pribumi.karena itu sebagai keturunan pendatang di bumi Indonesia seharusnya etnis tionghoa bisa lebih memasyarakat dg bergaul lebih erat dg pribumi.warna kulit boleh berbeda,tapi darah sama merahnya.di depan Alloh kita itu sama harusnya itu disadari.kita kesampingkan perbedaan lalu kita bangun kebersamaan,hanya dg cara itu maka persatuan dan tali silaturahmi bisa terjalin dan tidak akan ada lagi kasus2 seperti diatas.