Selasa, 31 Juli 2007

FOTO KEKEJAMAN KERUSUHAN MEI 1998


143 komentar:

IndoProgie mengatakan...

Itu poto drmana, tolong jgn memprovokasi, sy jg punya semua foto ini bahkan lebih lengkap, sebagian lgsng dr sumbernya. Dan tidak ada pembuktian bahwa foto ini diambil selama kerusuhan mei 98, bhakan foto cewek chinesse pun sy juga punya, jadi tlg ati2 klo posting, tpi klo niatnya tuk memprovokasi itu kembali ke anda.
Sy harap pembaca blog anda lebih pintar dari anda

Furniture Inspector mengatakan...

Mau dari mana keq emang gue pikirin.
Pokoknya pada babi2 deh tuh orang yang melakukan. Emang pada bangsat luh pada. PA loe semua!!!!!! Babi!!!Babi!!!! and binatang laknat loe pada!!!! Hanya babi2 laknat yang ngelakuin perbuatan kejam and sadis tersebut. Gue sangat2 ngutuk perbuatan orang2 yang kayak binatang laknat ntu. Pokoknye emang pada babi2 laknat loe pada!!!!!!!!!

tputra mengatakan...

Chinese Indonesia memang selalu di kambing hitamkan dan menjadi sasaran kerusuhan. pandangan negatif terhadap Chinase indonesia selalu ada dan tidak akan pernah hilang.

Berharap pemerintah Indonesia tegakan keadilan untuk kaum minoritas Chinase ?? lebih baik berharap TUHAN yang menegakan keadilan.

saat seperti ini : krisis global , PHK massal , gejolak sosial dan lain sejenisnya, lebih baik untuk LEBIH BERHATI HATI

Kemungkinan terulang kerusuhan MEI 1998 masih ada, seperti api dalam sekam, sewaktu waktu bisa terbakar

ivan aries mengatakan...

mengaku atau tidak mengaku adalah hak manusia, tapi Tuhan pun ber hak mengadili pelaku kejahatan,dan cuma Tuhan dan diri sendiri yang tidak bisa di bohongi...nikmatilah kejahatan dan panenlah hasilnya kelak, lihatlah kesulitan dan bencana yang menimpa Indonesia adalah sebagian buah dari kelakuan manusianya.

totox mengatakan...

untuk hal yang sesensitif ini,sebaiknya memang kita lebih berhati2 mensikapinya.jangan langsung ditelan mentah2.karena kalo sampai terbawa emosi,bisa merusak kehidupan bermasyarakat yang notabene terdiri berbagai etnis dan agama.semoga kita semua diberi kekuatan iman dan tidak mudah terpancing emosi.amiin..

awas kalau terulang mengatakan...

bangsat........... semua...........
kayak setannnnnnnnnnnn......
pake perasaan coba anak u digituin.......tolol.......goblok.......!!!!
hati2 yang ikut campur.....!!!!
bangsat........bikin panaas ati g aja.......g cincang2 lu2 pade jadi sate tar!!!!!!!!!!!!g juga manusia tapi kg kyk lu2 pade yang berbuat begitu.....

Wise Woman mengatakan...

Bagaimana kami bisa bersatu de ngan "kalian"?? Bagaimana kami bisa mengasihi "kalian" Bagaimana caranya untuk berdamai???harganya terlalu mahal!!!! anjing liar dijalan kalo dikasih makan masih bisa bergoyang ekornya. So anda semua lebih rendah dari anjing liar di jalan...

albert mengatakan...

bagai mana klo beneran?

* bukan ngebela pribumi, tapi lo bisa balik ke masa lalu?? klo pun lo bisa balik ke masa lalu, lo bisa lawan kaum "mayoritas"??
sadar, coba pikir klo lo yg jadi korban? bisa apa??

bagai mana klo boong?

* jgn sekali2 ngepost sesuatu yg bersifat sensitif seperti ini,
yg ada klo berulang lagi keluarga lo yg kena ntar nyesel sendiri. pikirkan itu baik2!!


manusia padadasarnya sama smua jahat, cuma kita aja yg hidup di indonesia dapat problem yg kek gini status sosial yg berbeda kesirikan oleh sebab itu ada kata "diskriminasi" nah kata itu la yg harus di hilangkan biar manusia bisa hidup tenang 1 sama lain. sebenar nya bukan itu aja masih ada kata "sirik" "kaya" "miskin" dll.

tolong di pikirkan.

vjcoolz mengatakan...

parah banget..walau saya ga tau itu foto darimana n apa tujuan yang ngepost ini.tapi kenyataannya itu adalah benar pernah terjadi dan ada di indonesia..terbukti dari salah satu foto wanita yang meninggal ada tulisan di punggungnya "cina babi" itu tulisan indonesia kan?ga mungkin dapet dari web luar negeri..

buat postingan saudara albert..* "bukan ngebela pribumi, tapi lo bisa balik ke masa lalu?? klo pun lo bisa balik ke masa lalu, lo bisa lawan kaum "mayoritas"??
sadar, coba pikir klo lo yg jadi korban? bisa apa??"

memang kita tidak bisa ngelawan waktu dan itu semua sudah terjadi.memang kaum mayoritas tidak bisa dilawan,tetapi ingat jumlah warga keturunan ada di berbagai pelosok dunia dan tidak akan tinggal diam melihat kejadian ini terulang kembali!!

"* jgn sekali2 ngepost sesuatu yg bersifat sensitif seperti ini,
yg ada klo berulang lagi keluarga lo yg kena ntar nyesel sendiri. pikirkan itu baik2!!
manusia pada dasarnya sama smua jahat, cuma kita aja yg hidup di indonesia dapat problem yg kek gini status sosial yg berbeda kesirikan oleh sebab itu ada kata "diskriminasi" nah kata itu la yg harus di hilangkan biar manusia bisa hidup tenang 1 sama lain. sebenar nya bukan itu aja masih ada kata "sirik" "kaya" "miskin" dll."

manusia tidak ada yang jahat,karena Tuhan menciptakan manusia dengan akal pikiran dan hati nurani..saya pikir semua orang pun tau itu!
orang2 di gambar yang melakukan hal tersebut sudah tidak memiliki hati nurani dan akal pikiran lagi sampai2 tega melakukan hal tersebut!

diskriminasi?sirik?kaya?miskin?memang sekarang ada hal2 tersebut..tetapi itu semua terjadi karena manusianya sendiri yang membuat perbedaan itu..
ada orang kaya karena dia mau berusaha.ada orang miskin karena dia malas..jadi lebih baik dipikirkan kembali mengapa terjadi "diskriminasi","sirik","kaya","miskin"..semua salah siapa??apa salah warga keturunan???

akhir kalimat saya setuju dengan judul tersebut..Punish form God..
hukuman dari Tuhan..ingat saudara,bibit pahit yang ditanam manusia akan berbuah pahit juga.setiap tindakan akan berbuah karma.tergantung manusianya tersebut.terima kasih.maaf ada salah2 kata.

Cung kuo Ren mengatakan...

Hahahaha...............
Lucu2 itulah Indonesia, dikasih daging minta ati..............

Cung kuo Ren mengatakan...

Ooy,Albert ANjing loe!!!
Ngentot aje sana, sma emes Loe!!!

Mau jadi apa Org indonesia???
Jika gak ada org chinese???
Mau mkn rumput Semua???
Apakah yakin bisa maju seperti skrg???
Apa kalian Lupa ada pepatah=>
TUNTUTLAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CHINA!!!!!!
Goblok!! Kok dipelihara!!!
Coba aja ulang kejadian mei 98, tiongkok gak akan mgkn tinggal diam, Ingat org terbanyak di dunia adalah org cina!!!
DIMANA ADA MATAHATI TERBIT DISITU ADA ORG CHINA!!!!
MORAL INDONESIA EMANG Sudah Bejat!!!
Gak Kaget Jika di Koran ADA Kakek memperkosa cucunya sendiri....

cowboy mengatakan...

albert anjing u kontol pribumi goblok berani nya kalo rame2 kalo sendiri pergi dulu lu ke mak erot sodok aja bangsa u sendiri!!!!! pasti memek nya bau amis ama bau ketek u org kan pedes cuiiiii

Oong mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
The Devilish Shibata mengatakan...

SAYA SETUJU dengan pernyataan CUng Kuo Ren, bahwa semua manusia yang diciptakan adalah sama baiknya, hanya saja mereka telah terasuki Syaitan, dengan adanya perasaan dengki, iri, sirik dan sebaginya, hanya orang yang berimanlah yang tidak akan melakukan perbuatan biadab seperti itu.. tapi bagaimana pun, itu adalah sebuah karma, mungkin saja korban kerusuhan 98 kemarin dulunya merupakan tersangka pemerkosaan / penjajahan.

Tapi memang kejam dan sadis sekali perbuatan manusia2 biadab itu, saya tidak akan pernah memaafkan mereka, BABI aja LEBIH SUPER baik daripada mereka! Karena sekejam2nya, mereka tidak akan 'memakan' darah daging mereka sendiri.

Semoga, mereka yang melakukan itu, mendapatkan karmanya sendiri. Biarla Tuhan yang mengaturnya, maaf bila ada kata2 menyinggung

King Of Bandit mengatakan...

saya ikut prihatin akan kerusuhan mei, saya memahami kemarahan orang keturunan cina. tapi maaf hal itu juga disebabkan oleh adanya diskriminasi yang dilakukan orang keturunan cina tertahad pribumi. tapi orang pribumipun seharusnya harus berpikir logis.sebenarnya yang perlu ditembak mati dan dibakar adalah provokatornya, kalau tidak diprovokatori tidak akan terjadi kejadian mei. dalam hal ini sebaiknya kita bisa hidup berdampingan, ada hukum sebab akibat. rata-rata pemilik perusahaan dan modal adalah orang cina. dan perusahaan nggak akan jalan kalau tidak ada karyawan lokal.kalau tidak ada karyawan perusahaan juga tidak bisa jalan, nah karyawan juga butuh duit dan kerjanya juga di perusahaan yang pemiliknya orang cina. jadi mau gimana lagi...ujung2nya harus hidup berdampingan kan. saya ikut prihatin terhadap keluarga korban mei, dan untuk penulis blok yang emosional dan berbau rasis, tolong bisa berpikir jernih. tindakan rasis akan memperparah jurang pemisah. dan yang rugi juga.....yach tau sendirilah. biar nggak terjadi kerusuhan mei tahap 2 janganlah ada perbedaan rasis itu aja tanks

law mengatakan...

para2 chinese, jgn takut akan ada kejadian serupa lagi, sebab saya dapat info bahwa "CHINESE COMMUNIST PARTY TIDAK AKAN TINGGAL DIAM JIKA ADA KERUSUHAN SERUPA YANG TERJADI"
info saya dapatkan dari saudara yang berada di daratan sana, ia mengatakan RRC akan "evacuate you to hainan or other province in china and NUCLEAR THEM TO THE DUST"
ingat! sekarang bahkan amerika saja sudah dibawah power RRC
siapa yang berani campuri urusan ini

abud mengatakan...

pribumi ga semua jahat, banyak jg diselamatkan pribumi pada saat itu, cuma sayang yg pintar malah koruptor, penegak keadilan ga berjalan, masyarakat bodoh dan miskin mudah terprovokasi. yg pasti terkutuk tuh militer, dimana mereka saat itu? itukan tugas mereka. agama dimana kalian, bukankah kejadian itu biadab? yg gua sedihin kok para penjahat itu malah nyalonin jadi capres, padahal mereka yg buat ini semua ...... krisis ekonomi . ada kebeneran ada pembenaran. hukam alah kalo turun di dunia mending kalo tirunya di ahirat itu baru azab yg paling perih.

abud mengatakan...

pribumi ga semua jahat, banyak jg diselamatkan pribumi pada saat itu, cuma sayang yg pintar malah koruptor, penegak keadilan ga berjalan, masyarakat bodoh dan miskin mudah terprovokasi. yg pasti terkutuk tuh militer, dimana mereka saat itu? itukan tugas mereka. agama dimana kalian, bukankah kejadian itu biadab? yg gua sedihin kok para penjahat itu malah nyalonin jadi capres, padahal mereka yg buat ini semua ...... krisis ekonomi . ada kebeneran ada pembenaran. hukam alah kalo turun di dunia mending kalo tirunya di ahirat itu baru azab yg paling perih.

abud mengatakan...

pribumi ga semua jahat, banyak jg diselamatkan pribumi pada saat itu, cuma sayang yg pintar malah koruptor, penegak keadilan ga berjalan, masyarakat bodoh dan miskin mudah terprovokasi. yg pasti terkutuk tuh militer, dimana mereka saat itu? itukan tugas mereka. agama dimana kalian, bukankah kejadian itu biadab? yg gua sedihin kok para penjahat itu malah nyalonin jadi capres, padahal mereka yg buat ini semua ...... krisis ekonomi . ada kebeneran ada pembenaran. hukam alah kalo turun di dunia mending kalo tirunya di ahirat itu baru azab yg paling perih.

Clover and Cookies mengatakan...

Abud bener, Ga semua pribumi itu jahat. Ada jg yg mau membantu para Chinese pas itu. Tp perbuatan mrk yg melakukan hal itu BIADAB, dan mrk LEBIH RENDAH daripada ANJING DAN BABI.

Pas kejadian ini terjadi, saya baru 4 th. jd ga ngerti. Tp setelah mncari tahu, saya bener2 JIJIK. Mana sih polisi? Keadilan? Pemerintah ngapain sih? Pd KKN ya? Mn Pancasila yg digembar-gemborin dulu? Cuma Nama.

Apalg pas temen saya nyeritain isi 'Sekuntum Nozomi' karya Marga T, bagian ke3, saya tmbah MUAK. Bisa apa sih Indo? Sok Bgt. Udah ekonomi jatuh, biadab lg. Barbar.

Maaf kalau kata-kata saya menyinggung. Tp saya ga tahan kepingin blg "fuck u Indo!" Sok sih. Bknnya berusaha memperbaiki diri, mlh menyalahkan, menyakiti, dan memperkosa Chinese. Jdny tertinggal deh skrg.

a person mengatakan...

g org chinese, tp please semuanya pada jgn terhasut gitu ajah n emosi gitu ajah... kejadian ini memang sudah 11 tahun lamanya, tp lukanya masih sangat dalam... dan memang fakta-fakta adanya kecenderungan merugikan kalangan chinese itu ada kok, cuma memang jujur Pemerintah ga transparan n menutup nutupi... G rasa bakal susah bgt diungkap, ini konspirasi politik yang gila bgt! n kita punya daya apa buat ngungkapinnya?????????? mau pake bales2an lagi??? ga akan selesai men... yang ada ancurrrr semuaaaa!!!!

temennya temen g salah satu korbannya, yang rumahnya ada di DUTAMAS (Jelambar, Jak-Bar). Dan g rasa mereka juga sudah merelakan kepergian orang yang mereka cintai,dan mendoakan yang pergi bisa damai di sana...

Harus disadari semua hal ini tetap hanya Tuhan yang bisa membalas semua dosa-dosa orang yang melakukan. Kita jangan menambahkan dendam ato kejahatan lainnya lagi, karena tetep aja ga bakal selesai n akhirnya semunya mati kan??????

INI SUDAH TAKDIR dari TUHAN. Yang bisa kita lakukan sekarang itu introspeksi diri, punya agama dan beriman, positif thinking dan berusaha menjadi individu yang lebih baik untuk diri sendiri dan orang lain.

n mudah2an hal ky gini jangan pernah terulang lagi... makanya, pilih presiden yang bisa menjaga indonesia ini menjadi tetap seperti sekarang... kondusif, aman, dan lebih nyaman daripada dulu...


PEACE MAN!!!

HERRY mengatakan...

Coba liat di sekitar
Glodok dan kota,apa benar etnis
Cina sudah berbaur dan
Menganggap pribumi sebagai
Saudara???liat dan nilai
Sendiri.dari segi ekonomi,
Liat dan rasakan,dari sisi
Pergaulan,liat dan rasakan...

sou mengatakan...

"Coba liat di sekitar
Glodok dan kota,apa benar etnis
Cina sudah berbaur dan
Menganggap pribumi sebagai
Saudara???liat dan nilai
Sendiri.dari segi ekonomi,
Liat dan rasakan,dari sisi
Pergaulan,liat dan rasakan..."

Ijinkan saya menyikapi pernyataan diatas.
Adalah kenyataan bahwa di Jkt, tingkat rasis antara Etnis Keturunan Cina (EKC) dan Etnis Pribumi (EP).

Pertama,
kebanyakan dari EKC telah merasa trauma karena selama puluhan tahun diskriminasi atau pelecehan atas kata "CINA" telah terjadi. Sehingga menimbukan keresahan yang begitu besar sehingga EKC tidak dapat melangkahkan kakinya untuk berbaur.
Saya sendiri tidak berasal dari Jkt merasakan bahwa di Jkt pelecehan tersebut adalah sama halnya bak makanan sehari hari.
Di tempat saya berasal atau di daerah, hal yg saya rasakan di Jkt tersebut tidak terjadi.

Berlanjut...

sou mengatakan...

Lanjutan..

Mengapa harus menyangkutkan masalah ini dengan segi ekonomi. Perbedaan Tingkat Ekonomi tidak menjadikan masalah ini lebih rumit atau boleh dikatakan seharusnya tidak bisa dijadikan satu tolak ukur mengapa tidak bisa berbaur. Karena diantara sekian banyak EKC di Indonesia bukankah ada yang berada di bawah garis kemiskinan juga?

Masalah pergaulan, anda pasti mengerti ketika seorang anak dibully dalam bahasa gaulnya atau dikerjai lebih tepatnya. Bukankah kenyataan bahwa anak yang sendirian dikerjai tersebut akan merasa minder? Akan merasa trauma dalam berbagai hal. Akan tidak dapat melawan dan kebanyakan diam dan menyimpannya dalam hati yang mana secara psikologis mempengaruhi kepribadian atau personality individu tersebut, terutama dalam cara bergaul.
Kita sedang berbicara kenyataan, hanya beberapa kasus saja yang dapat melawan atau memberontak.

Jelaskan bagaimana cara berbaur yang anda maksudkan?
Mari berbagi pengetahuan.

Hari ini saya sedang bermain poker di facebook.
Seorang Indonesia dengan nama Roy ?????? yang adalah seorang pribumi mengatakan
"DASAR CINA, PERGI LOE KEMBALI KE NEGERI LOE. NUMPANG MOLO DI NEGERI ORANG"

Saya berkata
"Kenapa harus membawa nama suku atau ras? Pernah sekolah ga seh?"
Dia menjawab "S2 tau"

Ternyata tingkat pendidikan tidak selalu mempengaruhi cara berpikir yang berarti keadaan ini tidak hanya bertumpu pada kata kebodohan atau tingkat pendidikan.

Setelah diperingatkan oleh sekelompok EKC yang lain "Ehh kalo mau berantem aja boleh, tapi jangan bawa2 nama CINA"
Dia masih melakukannya lagi dan lagi.

Ini kenyataan sampai hari ini dan semua orang tau tentang hal ini, selama dia masih orang Indonesia.
Saya ingin sedikit menyikapi tanggapan bahwa dengan adanya dokumentasi ini, orang akan terprovokasi.

Berlanjut..

sou mengatakan...

Lanjutan..

Secara ilmiah kata terprovokasi dengan blog ini tidak dapat dibenarkan. Mengapa?
Karena bukankah kita mempelajari sejarah dimana Indonesia pernah ditindas secara kejam oleh negara lain dan kekejaman negara negara lain di dunia. Baik dari media apapun.
Apakah kita perlu menghapuskan pelajaran Sejarah? Karena kemungkinan akan ada yang meniru dan terprovokasi oleh cerita naas tersebut.

Kalau boleh saya tambahkan, mungkin tujuan diadakannya posting di website ini adalah bukti realisasi ingin didengarkannya suara suara hati baik dari yang merasakan simpatik, atau dari pihak yang mana ingin berita ini dapat diketahui oleh kalangan banyak sebagai ungkapan hati mereka yang tertimpa tapi tidak diakui. Pernah merasakan sakit seperti itu, saudara2?
Tolong kita berpikir positif akan alasan mengapa blog ini diadakan.
Jangan ikut naik darah dalam hal ini.
Berikan tanggapan positif yang menenangkan hati mereka yang terluka.

Tentang masalah kebenaran kejadian ini di Indonesia. Saya memiliki video rekaman kejadian tersebut Live. Dari berbagai arah saya mendapatkan video yang menunjukan kejadian ini adalah nyata.
Sudah menjadi kenyataan suatu negara seperti layaknya seorang manusia akan menutupi kelemahan atau kesalahan yang dimiliki dan orang lain lah yang menilai dan membuka kedok orang itu.

Saya tidak mendapatkan sumber dari manapun yang berada di Indonesia bahkan orang orang yang saya tanyai tidak mengakui kejadian tersebut dan kebanyakan adalah orang EP. Tetapi saya mendapatkan video dari Warta Berita di Luar Negeri. Wajar negara lain menceritakannya, apalagi mereka wartawan dan itu bukan negara mereka. Jadi mereka mengupasnya dengan menyiarkan siarannya di Luar Negeri.

Mengapa Ekonomi Indonesia jatuh? Salah satunya karena kasus kerusuhan yang melibatkan hal2 tersebut diatas merusak citra Indonesia di Luar Negeri, mengapa Indonesia menutupi berita ini? Karena mungkin mereka malu, tapi mungkin juga karena mereka tidak ingin video atau cerita kenyataan yang begitu menyedihkan ini tersebar dan semakin merusak keadaan di Indonesia.

Kenyataan kedua mengapa Ekonomi Indonesia jatuh?
Karena pada saat kejadian ini baik sebelum atau pada saat ataupun sesudah hal ini terjadi, banyak dana dari Indonesia yang melarikan diri ke Luar Negeri, dengan catatan terbanyak ke Singapore, Australia dan America.

Itu mengapa yang dulu tercatat sejarah:
Dollar US peringkat pertama
Dollar AU peringkat keduaDollar SG peringkat ketiga

menjadi:
Dollar US peringkat pertama
Dollar SG peringkat kedua
Dollar AU peringkat ketiga

karena Singapore adalah negara terdekat dengan Indonesia, Dana paling mudah lari ke Singapore.
Dan Singapore dari dulu sangat menyukai dan justru dalam pelajaran di Singapore menceritakan bahwa penyumbang terbesar devisa Singapore adalah Indonesian Citizen. Jadi mereka dengan senang hati menerima Dana kita yang lari akibat insiden 28 Mei 1998.

Begitu banyak lagi yang bisa diungkapkan tetapi saya rasa yang saya ungkapkan sudah cukup memberikan gambaran.

Dengan ini saya tutup dengan kata
"Turut bersimpati dan berduka cita atas korban 28 Mei 1998, semoga mereka menemukan tempatnya di sisi yang KUASA dan tenang bersamaNYA"

Bagi yang kehilangan
"Kuatlah didalamNYA, karena DIA yang kau akui atau tidak, adalah NYATA dan sangat pengasih. Jalani hidupmu ke depan sebaik yang engkau bisa. Karena itu pun berkah dariNYA"

Bila saya ada salah, mohon maafkan saya. Saya hanya bermaksud mengungkapkan pendapat dan pikiran saya dalam rangka kebaikan bersama.

Jangalah takut pada fakta, tapi belajarlah darinya.

TERIMA KASIH SEMUA & PUJI SAYA KEPADA CREATOR OF THE BLOG. SALUTE TO YOU..

chubby mengatakan...

gosh..
gue tau...
waktu itu gue juga lagi berantem sama pribumi..
truzzz, dia bilang
"Heh cina aja belagu lo!!!!
sana pergi!!!
gua usir lu sama engkong2 lu!!!
gali lagi tuh kuburnya, sana bawa ke cina!!!!"
jujur, gue bener2 sakit hati digituin..
tapi ya gue bisa apa coba?

sketch mengatakan...

aq dulu jg pernah terima kata2 serupa kayak si chuby, tp bedanya gw g diem aja gua hajar dia smpe minta ampun dlm pikiran gw mrka cm org yg g punya moral bawa2 ras, yeah thats indonesia pribumi people yg cm bs iri sm punya org laen trus ngerampas paksa!
@ albert "* jgn sekali2 ngepost sesuatu yg bersifat sensitif seperti ini,
yg ada klo berulang lagi keluarga lo yg kena ntar nyesel sendiri. pikirkan itu baik2!!" heh fuck lu ngancem kita!!??

Tan mengatakan...

Mgkn yg bt kerusuhan org pke seragam.Sbaiknya blog ini di hps saja krn bs membuka luka lama dan sangat sensitif.

Tan mengatakan...

Jgn ada lg kata benci,jgn ada lg diskriminasi.Marilah qt hdp b'dampingan.Mskpn ak Tionghoa tp qt saudara.Sebangsa dan setanah air Indonesia.Ak juga ank Indonesia,lahir dan tgl di Indonesia.Indonesia tumpah darah ku

Saiful Haziq mengatakan...

Salam saya dari malaysia, saya ingat hanya malaysia punyai sejarah hitam tragedi perkauman etnis 13 mei 1969 di Kuala Lumpur, perkara yang sama juga berlaku di Jakarta tanggal 13 mei 1998 (tarikh yang SAMA).

maria mengatakan...

ya memang terlepas itu poto benar ato gak tapi itu memang benar ada nya.. dan pernah terjadi di indonesia negeri yang kita cintai bersama..
kita berharap dari apa yang sudah terjadi justru memepererat jalinan kekeluargaan kita.. baik orang pribuni maupun orang keturunan.. memeang di jaman semoderen ini aku juga sering mendengar kata2 yang menurut ku cukup diskriminasi.. contoh nya : "cina babi" kadang2 juga merasa kan kejengkelan.. bukakah kita sudah tinggal di satu negara dan 'kami' juga sudah jadi warga negara indonesia..
sudah lah mari kita saling menghormati dan masa lalu memang menyakitkan.. tapi kita jangan melihat ke belakang trus.. tapi kita juga harus bisa melihat kedepan.. memaafkan adalah suatu hal yang sangat susah kita lakukan apalgi melihat apa yang sudah terjadi.. karena mungkin saya tidak mengalami hal tersebut makanya saya juga mudah untuk mengatakan bahwa kita harus memaafkan.. tapi kita perlu percaya bahwa Tuhan tidak pernah tidur.. apa yang kita lakukan selalu dalam pengawasannya.. dan kita percaya bahwa jika kita menanam hal yang jelek maka apa yang kita tuai adalah hal yang jelek pula..
mungkin jika kita ingin melakukan sesuatu yang jelek perlu kita mengingat bahwa kita punya saudara, ibu, bapak yang biasa kita sebut keluarga, bagaimana jika hal tersebut terjadi pada mereka???
apakah hati kita tidak terluka.. saya rasa tidak mungkin.. karena kita semua punya hati nurani.. pasti orang yang telah melakukan itu dihantui rasa bersalah sampai kapan pun juga.. dan penyesalan itu slalu datang di belakang.. makan berpikir lah selalu jika ingin melakukan hal yang buruk ke orang lain..daripada nanti kita menyesal..
dan buat orang yang melakukan hal buruk saat kerusuhan itu semoga diampuni dosanya dan segera bertobat.. masih ada waktu..

Rudi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
soutadayoshi mengatakan...

Saya setuju saja dengan apa yang di katakan Maria. Hanya saja sudut pandang saya berbeda sedikit. Saya setuju menurut saya dan anda bahwa Tuhan memang Maha Adil atau itu yang kita ingin percayai. Tapi Karena keadilan Tuhan yang kita persepsikan itu adalah dari pikiran kita Manusia sendiri. Jadi Saya ingin mengekpresikan pendapat saya manusia yang menurut saya benar. Meluruskan sedikit, agar yang mengalami tragedi tersebut tidak terlalu sakit hati dan kupingnya atau panca indera yang lain. Begini, bagi orang yang berdosa ketika anda betul betul menyadari yang mana Tuhan tahu maksudmu ketika minta maaf itu apa. Bila tulus, dia akan menerima, dia akan memisahkan dirimu dari orang orang lain yang berbuat dosa yang sama tapi tidak bertobat atau merasa salah. menjadikan perbuatan baikmu di kemudian hari sebagai pemberat ke surga, menambahkan pertobatanmu di sisi pemberat ke surga. Bagi yang merasa benar setelah perbuatan seperti itu akan dikutuk oleh-Nya. "TETAPI" namanya pernah berbuat dosa itu ya pernah. Sebagai Kata ADIL, dosa itu tetap dosa dan akan diperhitungkan dan tidak terhapus. KARENA pertanyaan buat Tuhan, "Tuhan, kok kamu menghapus dosa orang itu begitu saja setelah dia bertobat?" Pasti angka orang bertobat meningkat drastis ya di bagan statistik surga, sebelum mati ingat cepet2 bertobat. ga usa pake pesan terakhir, ingat asuransi akhirat. "KATAKAN, anda bertobat" hehe.. dijamin masuk surga dan tenang saja, anda pasti sukses karena anda pasti tulus kalo udah tau mau mati.

Rudi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
vika mengatakan...

Gw ga tau apa maksud foto ini di post, tapi yang pasti setiap orang punya hak. Tetapi pergunakanlah hak yang ada secara bertanggung jawab, begitu pula kepada orang2 yang udah kasih komen.
Yang sudah memberikan komentar dengan menggunakan kata2 yang tidak seharusnya : apakah dengan mengeluarkan kata2 tersebut ada untungnya bagi kalian??
apakah dengan memaki2 kalian baru bisa merasa puas??
Dan bagi kita smua : apakah kalian mau kerusuhan mei 98 itu terulang lagi??
Jika memang tidak mau, berusahalah dari diri sendiri untuk menghargai orang lain. Jangan biarkan sejarah hitam ini terulang lagi.

soutadayoshi mengatakan...

Maksud dari post di atas adalah seseorang yang ingin mengungkap kejadian dalam bentuk berita yang memang tidak pernah di akui kebanyakan orang di Indonesia tetapi diakui keberadaannya oleh Dunia International.
Ketika bertanya untuk apa? Pertanyaan tersebut dapat diartikan sama dengan kita bertanya,
Untuk apa ada berita di Televisi?
Untuk apa kita belajar sejarah?
Untuk apa ada koran?
Untuk apa Manohara masuk Televisi tentang kejadian penyiksaan terhadap dia?
Toh kan sudah berlalu, nuntut begitu hanya akan memperburuk hubungan kita dengan Malaysia negara tetangga.

soutadayoshi mengatakan...

Hm.. mengenai kata kata kasar yang diungkapkan oleh orang orang di dalam Blog. Mungkin hal yang dapat kita lakukan adalah mengerti maksud mereka.
Bagi yang memberi komentar karena terlibat dalam peristiwa, beberapa dari kami yang membaca mengerti perasaan anda. Apapun yang kami katakan tidak dapat menghapus kejadian yang dilihat dan dirasakan dengan jelas.
Kami tidak akan mengerti perasaan kalian dan kami tidak pantas menilai dan menghakimi kalian karena kami tidak mengalaminya.
Tetapi beberapa dari kami ingin mengucapkan sedalam yang kami bisa, rasa simpatik yang kami miliki. Dan tenanglah wahai saudaraku sesama manusia, Saya pada saat ini masih percaya ada Tuhan, dan Tuhan akan membawa keadilan kepada setiap dari pada orang orang yang telah berbuat dosa dan kita semua adalah dosa. Keadilan yang Ia miliki tidak dimengerti oleh satu orang pun di dunia ini tetapi Ia akan adil.

Bagi mereka yang merasa terlukai oleh perkataan yang dilontarkan orang orang yang mengalami atau terlibat di atas. Berusaha mengerti dan tidak membalas perkataan atau apapun. Karena mereka sedang berbicara kepada orang orang yang melakukan hal tersebut. Bila anda tidak melakukannya, acuhkan dan dengarkan saja. Mereka sedang mengobati perasaan mereka. Bila ingin mengingatkan, gunakanlah kata kata yang tenang. Sehingga mereka akan mencontohnya karena kita yang berusaha mengingatkan harus menjadi contoh terlebih dahulu. Seperti orang tua terhadap anaknya.

soutadayoshi mengatakan...

Betul kata kata tersebut tidak seharusnya digunakan dan tidak memguntungkan mereka.
Iya, semua dari kita akan memaki dan merasa puas.
Ketika di jalan, ada yang menabrak mobil kita dan melarikan diri dan kita tidak lagi bisa meminta pertanggung jawaban orang tersebut.
Kita pasti bercerita pada orang orang di sekitar kita tentang kejadian tersebut dan otomatis setiap dari kita mengutuk dan memaki orang tersebut.
Jawablah sendiri di dalam hati, apa benar yang saya katakan?
Dan kenapa kita melakukan itu?
Kita semua tidak ingin kejadian 98 itu terulang lagi karena kita semua rugi, sebelum kejadian kerusuhan tersebut. Nilai Rupiah terhadap dollar adalah Rp2.500,00 dan setelah kejadian tersebut Nilai Rupiah terhadap Dollar AS adalah Rp 11.500,00 bahkan sempat Rp17.200,00 dan Rp21.000,00
Semua orang di Indonesia merasakan dampak tersebut bukan? Perusahaan tutup, orang orang mencari lapangan pekerjaan, Banyak yang jatuh bangkrut, Negara kita bukanlah lagi negara berkembang tetapi terbelakang.
Tahukah kalian kita digunakan segerombol orang untuk kepentingan mereka (kepentingan politik)? (Hmm.. Ini cerita yang berbeda lagi)
Saya setuju mari kita belajar menghargai perbedaan yang kita punya seperti kita menghargai setiap anggota tubuh kita yang berbeda, yang bekerja sama demi hidupnya diri kita atau nyawa kita.
Sejarah kita pelajari bukan untuk membuat kita saling membenci tetapi sejarah ada bagi kita untuk diketahui dan dipelajari agar tidak terulang lagi.
Kita tidak akan melakukan kejayaan yang sama seperti yang lalu, karena sudah tertinggal tetapi kita melakukan kejayaan yang baru dan lebih baik lagi dari yang dulu.
Sejarah Kebodohan tidak akan kita ulangi lagi, karena merugikan kita sendiri.
Semoga saya dapat menenangkan semua pihak dengan pendapat saya.
Terima Kasih.

andrew mengatakan...

Ini forum tentang apa seh? koq ada foto2 nya serem abis? hiks...
masa sih kerusuhan Mei sampai kayak gitu?aku liat berita lainnya katanya pelakunya berseragam? klo bener gitu, brrti itu bukan kerusuhan yg biasa, tp emg udah direncanakan. Kalo emg itu kerusuhan, ga mungkin kan ga ada satupun orang yg mau nolong. Setahuku di kerusuhan itu banyak bgt orang lalu-lalang dijalan. DAn ga mungkin orang-orang itu semua penjahat. Iya kan? kemungkinan pelakunya udah merencanakan itu dan punya pembagian tugas yang rapi, sehingga aksinya tidak akan terlihat dari luar. Tapi, ada berita lain juga (dari blog ini juga) yang bilang bahwa ada tentara datang dan menyelamatkan satu keluarga yang rumahnya kebakaran itu. Jadi siapa sebenarnya pelakunya? Alternatif 1: kalau masyarakat pribumi, apa mungkin yah? mengingat di daerah2 tsb sudah tidak ada lagi batas antara indo dan chinese. Jadi tidak mungkin mereka mengarahkan serangan kepada orang chinese, karena kalau memang kebencian itu ada, mengapa tidak dari dulu2 saja terjadi? Alternatif 2: atau orang2 indo itu memang pelakunya karena disulut kebencian terhadap Soeharto, yang juga Chinese itu, yang pada saat itu tidak mampu mengatasi krisis ekonomi, dan terjadi aksi anarkis dimana-mana agar Soeharto turun. Nah, alternatif 3: TNI memang pelakunya, hanya saja TNI itu adalah golongan yang sedikit saja jumlahnya, karena sebagian besar dari TNI saat itu sangat loyal pada Soeharto. Dengan demikian TNI2 itu berusaha mengkudeta Soeharto, dan sudah lama memendam kebencian pada Soeharto, tetapi haanya bisa melakukan cara2 tersebut karena TNI yang loyal pada Soeharto sangat banyak jumlahnya. Saya kira ini yang paling logis, karena dari sepanjang perjalanan sejarah Soeharto, dengan aksi massa dan mahasiswa sebesar apapun, belum pernah Soeharto bisa lengser jika "hanya" dengan cara2 lama itu? Apakah memang benar TNI pelakunya? Hufh, sebagai orang2 chinese kita memang susah untuk tidak menuding "mereka" atau "dia" pelakunya. Sebab, suatu kejadian pastilah ada penyebabnya. Dengan belajar dari kasus ini, marilah kita sama2 meningkatkan kewaspadaan kita akan bahaya2 yang dapat kita hadapi sewaktu2. Karena dalam keadaan seperti itu, sungguh, penolong terbaik bagi kita adalah diri kita sendiri. Dalam keadaan darurat seperti itu, sebenarnya kita tidak boleh panik. Kita harus ambil keputusan yang cepat dan tepat. Jangan tunggu kita tahu bahwa ada penjahat beraksi, lalu kita baru menganggap serius. Kita harus selalu sadar, bahwa keadaan terburuk dapat terjadi. Kalau kita tahu ada yang tidak beres, ya langsung aja kita pergi ke tempat lain yang jauh, aman, dan ramai. Jadi jangan pakai pertimbangan harta benda lagi. karena nyawa itu ga bisa dibayar dengan semua itu. Semoga para pembaca sadar, bahwa yang kita hadapi itu bukan lagi KERUSUHAN tetapi KEJAHATAN TERENCANA dimana untuk menghadapinya kita harus saling membantu, saling waspada, saling menjaga, saling mengingatkan, saling membantu, baik terhadap sesama warga Chinese maupun warga Indo. Anyway klo ada komentar or jawaban yg bisa di share just contact:verdonikhov@yahoo.co.id

andrew mengatakan...

Ini forum tentang apa seh? koq ada foto2 nya serem abis? hiks...
masa sih kerusuhan Mei sampai kayak gitu?aku liat berita lainnya katanya pelakunya berseragam? klo bener gitu, brrti itu bukan kerusuhan yg biasa, tp emg udah direncanakan. Kalo emg itu kerusuhan, ga mungkin kan ga ada satupun orang yg mau nolong. Setahuku di kerusuhan itu banyak bgt orang lalu-lalang dijalan. DAn ga mungkin orang-orang itu semua penjahat. Iya kan? kemungkinan pelakunya udah merencanakan itu dan punya pembagian tugas yang rapi, sehingga aksinya tidak akan terlihat dari luar. Tapi, ada berita lain juga (dari blog ini juga) yang bilang bahwa ada tentara datang dan menyelamatkan satu keluarga yang rumahnya kebakaran itu. Jadi siapa sebenarnya pelakunya? Alternatif 1: kalau masyarakat pribumi, apa mungkin yah? mengingat di daerah2 tsb sudah tidak ada lagi batas antara indo dan chinese. Jadi tidak mungkin mereka mengarahkan serangan kepada orang chinese, karena kalau memang kebencian itu ada, mengapa tidak dari dulu2 saja terjadi? Alternatif 2: atau orang2 indo itu memang pelakunya karena disulut kebencian terhadap Soeharto, yang juga Chinese itu, yang pada saat itu tidak mampu mengatasi krisis ekonomi, dan terjadi aksi anarkis dimana-mana agar Soeharto turun. Nah, alternatif 3: TNI memang pelakunya, hanya saja TNI itu adalah golongan yang sedikit saja jumlahnya, karena sebagian besar dari TNI saat itu sangat loyal pada Soeharto. Dengan demikian TNI2 itu berusaha mengkudeta Soeharto, dan sudah lama memendam kebencian pada Soeharto, tetapi haanya bisa melakukan cara2 tersebut karena TNI yang loyal pada Soeharto sangat banyak jumlahnya. Saya kira ini yang paling logis, karena dari sepanjang perjalanan sejarah Soeharto, dengan aksi massa dan mahasiswa sebesar apapun, belum pernah Soeharto bisa lengser jika "hanya" dengan cara2 lama itu? Apakah memang benar TNI pelakunya? Hufh, sebagai orang2 chinese kita memang susah untuk tidak menuding "mereka" atau "dia" pelakunya. Sebab, suatu kejadian pastilah ada penyebabnya. Dengan belajar dari kasus ini, marilah kita sama2 meningkatkan kewaspadaan kita akan bahaya2 yang dapat kita hadapi sewaktu2. Karena dalam keadaan seperti itu, sungguh, penolong terbaik bagi kita adalah diri kita sendiri. Dalam keadaan darurat seperti itu, sebenarnya kita tidak boleh panik. Kita harus ambil keputusan yang cepat dan tepat. Jangan tunggu kita tahu bahwa ada penjahat beraksi, lalu kita baru menganggap serius. Kita harus selalu sadar, bahwa keadaan terburuk dapat terjadi. Kalau kita tahu ada yang tidak beres, ya langsung aja kita pergi ke tempat lain yang jauh, aman, dan ramai. Jadi jangan pakai pertimbangan harta benda lagi. karena nyawa itu ga bisa dibayar dengan semua itu. Semoga para pembaca sadar, bahwa yang kita hadapi itu bukan lagi KERUSUHAN tetapi KEJAHATAN TERENCANA dimana untuk menghadapinya kita harus saling membantu, saling waspada, saling menjaga, saling mengingatkan, saling membantu, baik terhadap sesama warga Chinese maupun warga Indo. Anyway klo ada komentar or jawaban yg bisa di share just contact:verdonikhov@yahoo.co.id

soutadayoshi mengatakan...

Terima kasih kepada saudara Andrew dengan komentarnya.

Pertama yang perlu dijawab adalah benar kejadian di Jakarta pada waktu kerusuhan mei 1998 adalah hingga tahap sedemikian rupa.

Terencana atau tidak terencana, Kata "Kerusuhan" berarti keadaan yang kacau atau rusuh.

Segala alternatif dapat kita kembangkan dari kasus ini. Semua skenario bisa saja kita rangkai, itu semua tidak masalah. Tetapi terkadang kenyataan adanya diskriminasi dan rasa berbeda itu nyata di masyrakat. Tetapi yang seperti saudara Andrew sampaikan, mari kita penuhi ikrar bangsa Indonesia yang telah lama kita ucapkan dan berulang ulang kali. Bahwa Indonesia adalah negara yang BERBHINEKA TUNGGAL IKA. Berbeda beda tetapi tetap satu juga.

Ideologis kita tersebut harus kita akui telah di rebut oleh Malaysia, bukan karena mereka telah merampas idelogi tersebut melainkan kita yang menelantarkannya untuk di raih oleh orang lain. Negara terdekat dengan Indonesia salah satunya adalah Malaysia, keadaan masyarakat mereka pun beragam dan mereka tunjukkan dalam setiap iklan mereka mengenai wisata ke Malaysia, Motto mereka "Malaysia, Truly Asia" Pernah lihat?

Mari kita menyadarkan diri kita bahwa berbeda bukanlah kelemahan melainkan kelebihan. Kita memiliki yang orang lain tidak miliki.

Kenyataan juga pada waktu terjadi kerusuhan, seluruh kota Jakarta sepi dan banyaknya warga Indonesia yang melarikan dirinya baik sementara maupun secara permanen ke Luar Negeri, Ekonomi Rubuh, Nilai Mata Uang Indonesia Rontok, Banyak lapangan pekerjaan hilang, Status politik dan keamanan negara diragukan Internasional, Inflasi harga barang dan lain-lain.

Tujuan Blog ini adalah sama seperti Ketika kita mempelajari Sejarah. Kita mempelajari Sejarah dalam hal ini adalah agar kejadian buruk tidak terulang lagi yang merugikan dan menyengsarakan diri kita sendiri, Bangsa Indonesia. Agar kita dapat memperbaiki diri kita menjadi yang lebih baik lagi.

Alpha Ace mengatakan...

it looks more like my post about the Japanese who got NUKE.

Jap did sadist last time .. now they only did it in porn movies and just for the sake of business.

But this kind of things did happens around the world and only GOD will know every single piece of it.

May GOD take away my wrath and He will justify it with HIS mercy。。。 yes mercy not wrath...

skinheads dan herbert mengatakan...

dr bayk data pelaku bkn lah orang umum. mrk adalah bajingan, kotoran rakyat, idiot, penjahat jalanan dan babi² kriminal yg direkrut dan dokorrdinir oleh kelompok yg tdk akan pernah bs diungkap. jd bukan pribumi umum namun memang sampah masyarakat pelakunya.byk jg korban yg diselamatkan dan dismbunyikan oleh warga sekitar korban.
DAN SEMOGA PARA PELAKU YG MASIH ADA SAAT INI DIBERI BALASAN OLEH TUHAN YME BAIK DI DUNIA MAUPUN DI NERAKA KELAK.

kholil mengatakan...

kejadian itu sudah terjadi, lihatlah ke depan dan bangunanlah negara ini bersama-saman dengan keragamannya, namanya Indonesia yang juga artinya campuran, jadi tidak ada kata pribumi dan nonpribumi. Arab, China, India, Amerika, Irian, Jawa, Madura, Ambon, Batak, Makassar, Minang adalah kekayaan kita Indonesia, jadilah kekuatan kekayaan ini sebagai kelebihan kita untuk berhubungan dengan dunia Internasional dan bangunlah negara ini dan jangan campurkan negara dengan agama dan masing-masing orang mempunyai keyakinan masing-masing sesuai dengan kepercayaan yang diyakininya dan hargailah itu sebagai suatu kekuatan, berhentilah dengan kata2 cina babi, madura babi, jawa babi, batak babi dan sebagainya. Mulailah bangun negara ini dengan kedamaian dan kasih sayang dengan merasakan bersama-sama memiliki negara ini agar kita maju seperti negara2 lain, sejarah yang kelabu tetap kita ingat dan pelaku kejahatan tetap harus diadili sesuai hukum dan pemerintahan yang bersih kita jalankan agar semuanya bisa terungkap dan tidak perlu ditutup2i, kita tidak perlu saling menyalahkan, kasihan kita semua dalam keadaan ekonomi yang sangat buruk, marilah kita saling bahu membahu dan bekerja keras, janganlah bermalas-malasan dan merasa iri melihat orang yang lebih dari kita, kita harus berusaha untuk bisa seperti orang itu dengan cara yang positif agar negara ini bisa maju dan pemerintahan harus bersih dengan menerima orang2 yang benar2 mempunyai kemampuan dan kepintaran dari suku dan ras manapun (Arab, China, India dll) karena kita adalah Warga Negara Indonesia untuk membangun negara ini perlulah orang2 seperti ini. Mulailah berbenahi negara ini atas kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi semoga jalan akan terbuka lebar untuk maksud kita yang baik ini dan sebagai warga negara yang hidup di negara yang damai dan tenang yang bersama-sama kita cintai ini dengan ekonomi yang layak serta saling menghormati dalam hidup bermasyarakat.
Semoga semua makluk hidup berbahagia.

_climber_ mengatakan...

Benernya yg jd masalah adalah setelah peristiwa berlalu

Ga ada Follow Up ama sekali,

dan dianggap kejadian ini ga pernah ada!!!

Itu yang menjadi masalah utama nya sebenarnya...

Bukan kita mw asal provokasi soal ras...ngapain jg lah,,,itu jg bukan hal yang memberdayakan,,,

Kecoa bunting jga tau klo itu ga ada guna nya...





Cuma masa sih Indonesia mw jadi bangsa yang ga bertanggung jawab???

Yang dengan gampngnya melupakan gtu aja peristiwa yg udh terjadi...

Itu pihak2 yg seharusnya bertanggung jawab ngerasain kagak gimana rasanya ngalamin kejadian kya gtu,,enak aja cuma bisa ngeluapain aj,,,

Klo kta ga ngerasaain emang gampang sih ngomong nya...

Satu hal lg, Sadar ga sih penduduk yang ada org keturunan China itu ga di Indonesia aj?

Emang di seluruh dunia ini cuma Indonesia doang yg ada warga ket.China nya?
Coba kta liat kya contoh nya Amerika,yg tinggal disana cuma suku asli indian doank gt?
kagak kan?ada jg entis China nya?

Tp mereka adem ayem aja betul?

Benernya klo dilihat dr sudut pandang yang lebih luas tindakan dan keberadaan etnis China itu ama skali ga ada mslh...

Cuma ga tw knpa masyarakat Indonesia ini banyak yang punya sudut pandang yang ga produktif dalam melihat suatu hal..

Itu yang benernya jadi akar masalah,,,
Soal sudut pandang...awal mual nya dr sana....

Oh iya,,,hampir lupa gw

Mumpung sekarang masih deket ama 17 agustus, Gw jg mw ngomong...

Jangan salain orng klo ada ga suka nasionalisme...

kyanya ada yang bilang yah klo ada sebab ada akibat? bener?

Gmana mau ada rasa nasionalisme yang kuat klo ada perlakuan yang "luar biasa" terhadap etnis tertentu???
Semoga paham

Balik lg deh gw ksh contoh negara lain..

Kenapa sih Negara kaya Amerika Serikat di punya rasa nasionalisme yang Luar Biasa (klo ini luar biasa beneran)

pernah nyadar ga sih knapa?

Negara itu memperlakukan SELURUH warga nya dengan sangat care, ga peduli apapun etnis dari warga nya, yg penting dia Warga AS, dia bakal perjuangin dgn luar biasa..

Bener Kagak?

Jd klo ada contoh kasus warga Indonesia keturunan China yg konon ktanya (padahal sih ga juga,ini terlalu subjektif) kurang ada rasa nasionalisme ny...Mending ngaca dulu dehh..

Benernya yg perlu kita lakuin skrg...Tunjukin aja klo tindakan dan karya kita bisa jd garam dan terang buat orang laen..bisa jd saluran berkat buat orang laen,,,

Sesuatu hal yg baik, pd akhirnya jg bakal keliatan baik kok...

_climber_ mengatakan...

Benernya yg jd masalah adalah setelah peristiwa berlalu

Ga ada Follow Up ama sekali,

dan dianggap kejadian ini ga pernah ada!!!

Itu yang menjadi masalah utama nya sebenarnya...

Bukan kita mw asal provokasi soal ras...ngapain jg lah,,,itu jg bukan hal yang memberdayakan,,,

Kecoa bunting jga tau klo itu ga ada guna nya...





Cuma masa sih Indonesia mw jadi bangsa yang ga bertanggung jawab???

Yang dengan gampngnya melupakan gtu aja peristiwa yg udh terjadi...

Itu pihak2 yg seharusnya bertanggung jawab ngerasain kagak gimana rasanya ngalamin kejadian kya gtu,,enak aja cuma bisa ngeluapain aj,,,

Klo kta ga ngerasaain emang gampang sih ngomong nya...

Satu hal lg, Sadar ga sih penduduk yang ada org keturunan China itu ga di Indonesia aj?

Emang di seluruh dunia ini cuma Indonesia doang yg ada warga ket.China nya?
Coba kta liat kya contoh nya Amerika,yg tinggal disana cuma suku asli indian doank gt?
kagak kan?ada jg entis China nya?

Tp mereka adem ayem aja betul?

Benernya klo dilihat dr sudut pandang yang lebih luas tindakan dan keberadaan etnis China itu ama skali ga ada mslh...

Cuma ga tw knpa masyarakat Indonesia ini banyak yang punya sudut pandang yang ga produktif dalam melihat suatu hal..

Itu yang benernya jadi akar masalah,,,
Soal sudut pandang...awal mual nya dr sana....

Oh iya,,,hampir lupa gw

Mumpung sekarang masih deket ama 17 agustus, Gw jg mw ngomong...

Jangan salain orng klo ada ga suka nasionalisme...

kyanya ada yang bilang yah klo ada sebab ada akibat? bener?

Gmana mau ada rasa nasionalisme yang kuat klo ada perlakuan yang "luar biasa" terhadap etnis tertentu???
Semoga paham

Balik lg deh gw ksh contoh negara lain..

Kenapa sih Negara kaya Amerika Serikat di punya rasa nasionalisme yang Luar Biasa (klo ini luar biasa beneran)

pernah nyadar ga sih knapa?

Negara itu memperlakukan SELURUH warga nya dengan sangat care, ga peduli apapun etnis dari warga nya, yg penting dia Warga AS, dia bakal perjuangin dgn luar biasa..

Bener Kagak?

Jd klo ada contoh kasus warga Indonesia keturunan China yg konon ktanya (padahal sih ga juga,ini terlalu subjektif) kurang ada rasa nasionalisme ny...Mending ngaca dulu dehh..

Benernya yg perlu kita lakuin skrg...Tunjukin aja klo tindakan dan karya kita bisa jd garam dan terang buat orang laen..bisa jd saluran berkat buat orang laen,,,

Sesuatu hal yg baik, pd akhirnya jg bakal keliatan baik kok...

_climber_ mengatakan...

Benernya yg jd masalah adalah setelah peristiwa berlalu

Ga ada Follow Up ama sekali,

dan dianggap kejadian ini ga pernah ada!!!

Itu yang menjadi masalah utama nya sebenarnya...

Bukan kita mw asal provokasi soal ras...ngapain jg lah,,,itu jg bukan hal yang memberdayakan,,,

Kecoa bunting jga tau klo itu ga ada guna nya...





Cuma masa sih Indonesia mw jadi bangsa yang ga bertanggung jawab???

Yang dengan gampngnya melupakan gtu aja peristiwa yg udh terjadi...

Itu pihak2 yg seharusnya bertanggung jawab ngerasain kagak gimana rasanya ngalamin kejadian kya gtu,,enak aja cuma bisa ngeluapain aj,,,

Klo kta ga ngerasaain emang gampang sih ngomong nya...

Satu hal lg, Sadar ga sih penduduk yang ada org keturunan China itu ga di Indonesia aj?

Emang di seluruh dunia ini cuma Indonesia doang yg ada warga ket.China nya?
Coba kta liat kya contoh nya Amerika,yg tinggal disana cuma suku asli indian doank gt?
kagak kan?ada jg entis China nya?

Tp mereka adem ayem aja betul?

Benernya klo dilihat dr sudut pandang yang lebih luas tindakan dan keberadaan etnis China itu ama skali ga ada mslh...

Cuma ga tw knpa masyarakat Indonesia ini banyak yang punya sudut pandang yang ga produktif dalam melihat suatu hal..

Itu yang benernya jadi akar masalah,,,
Soal sudut pandang...awal mual nya dr sana....

Oh iya,,,hampir lupa gw

Mumpung sekarang masih deket ama 17 agustus, Gw jg mw ngomong...

Jangan salain orng klo ada ga suka nasionalisme...

kyanya ada yang bilang yah klo ada sebab ada akibat? bener?

Gmana mau ada rasa nasionalisme yang kuat klo ada perlakuan yang "luar biasa" terhadap etnis tertentu???
Semoga paham

Balik lg deh gw ksh contoh negara lain..

Kenapa sih Negara kaya Amerika Serikat di punya rasa nasionalisme yang Luar Biasa (klo ini luar biasa beneran)

pernah nyadar ga sih knapa?

Negara itu memperlakukan SELURUH warga nya dengan sangat care, ga peduli apapun etnis dari warga nya, yg penting dia Warga AS, dia bakal perjuangin dgn luar biasa..

Bener Kagak?

Jd klo ada contoh kasus warga Indonesia keturunan China yg konon ktanya (padahal sih ga juga,ini terlalu subjektif) kurang ada rasa nasionalisme ny...Mending ngaca dulu dehh..

Benernya yg perlu kita lakuin skrg...Tunjukin aja klo tindakan dan karya kita bisa jd garam dan terang buat orang laen..bisa jd saluran berkat buat orang laen,,,

Sesuatu hal yg baik, pd akhirnya jg bakal keliatan baik kok...

_climber_ mengatakan...

Benernya yg jd masalah adalah setelah peristiwa berlalu

Ga ada Follow Up ama sekali,

dan dianggap kejadian ini ga pernah ada!!!

Itu yang menjadi masalah utama nya sebenarnya...

Bukan kita mw asal provokasi soal ras...ngapain jg lah,,,itu jg bukan hal yang memberdayakan,,,

Kecoa bunting jga tau klo itu ga ada guna nya...





Cuma masa sih Indonesia mw jadi bangsa yang ga bertanggung jawab???

Yang dengan gampngnya melupakan gtu aja peristiwa yg udh terjadi...

Itu pihak2 yg seharusnya bertanggung jawab ngerasain kagak gimana rasanya ngalamin kejadian kya gtu,,enak aja cuma bisa ngeluapain aj,,,

Klo kta ga ngerasaain emang gampang sih ngomong nya...

Satu hal lg, Sadar ga sih penduduk yang ada org keturunan China itu ga di Indonesia aj?

Emang di seluruh dunia ini cuma Indonesia doang yg ada warga ket.China nya?
Coba kta liat kya contoh nya Amerika,yg tinggal disana cuma suku asli indian doank gt?
kagak kan?ada jg entis China nya?

Tp mereka adem ayem aja betul?

Benernya klo dilihat dr sudut pandang yang lebih luas tindakan dan keberadaan etnis China itu ama skali ga ada mslh...

Cuma ga tw knpa masyarakat Indonesia ini banyak yang punya sudut pandang yang ga produktif dalam melihat suatu hal..

Itu yang benernya jadi akar masalah,,,
Soal sudut pandang...awal mual nya dr sana....

Oh iya,,,hampir lupa gw

Mumpung sekarang masih deket ama 17 agustus, Gw jg mw ngomong...

Jangan salain orng klo ada ga suka nasionalisme...

kyanya ada yang bilang yah klo ada sebab ada akibat? bener?

Gmana mau ada rasa nasionalisme yang kuat klo ada perlakuan yang "luar biasa" terhadap etnis tertentu???
Semoga paham

Balik lg deh gw ksh contoh negara lain..

Kenapa sih Negara kaya Amerika Serikat di punya rasa nasionalisme yang Luar Biasa (klo ini luar biasa beneran)

pernah nyadar ga sih knapa?

Negara itu memperlakukan SELURUH warga nya dengan sangat care, ga peduli apapun etnis dari warga nya, yg penting dia Warga AS, dia bakal perjuangin dgn luar biasa..

Bener Kagak?

Jd klo ada contoh kasus warga Indonesia keturunan China yg konon ktanya (padahal sih ga juga,ini terlalu subjektif) kurang ada rasa nasionalisme ny...Mending ngaca dulu dehh..

Benernya yg perlu kita lakuin skrg...Tunjukin aja klo tindakan dan karya kita bisa jd garam dan terang buat orang laen..bisa jd saluran berkat buat orang laen,,,

Sesuatu hal yg baik, pd akhirnya jg bakal keliatan baik kok...

mike mengatakan...

Gw ngambil beberapa kata dari sebuah lagu.

"Kita musti telanjang dan benar2 bersih,suci lahir dan di dalam batin"

gw bahas neh 1-1 "kita musti telanjang"
itu dimadsud manusia harus berperilaku baik karena pada dasar nya manusia itu di ciptain baik ada nya.cuma ada beberapa manusia yang tidak menjaga "ketelanjangan" yang uda di kasi TUHAN,dan menurut saya manusia2 di indonesia (Pribumi dan Para pemuka agama ***** yang mengaku diri nya suci)
dan tidak berkaca pada diri sndri..
kita contoh kan kasus beberapa tahun lalu tentang inul..
Teman2 pasti inget waktu Inul di cekal karena pakaian nya yang mini,dan menurut saya anda sekalian tidak pantas untuk mencekal orang,karena itu hak yang asasi.kalau anda tidak mau lihat,anda tinggal menutup mata anda,toh hal tsb tidak menyinggung anda kan??atau mungkin sebenar nya anda sndr srik karena ga sanggup beli baju minim yang rata2 harga nya tinggi di pasaran.terumata orang yang mencekal bernama **** ***** yang palink semangat,TAPI ISTRI NYA BANYAK BOOOOO....NGACA PLZZZZ deeeeech....

"dan benar2 bersih" jangan ada perasaan sirik / Musrik / apalah terserah kata loe masing2.
Loe pada dari kecil di ajarin agma kan?? sebut lah 5 agama sekarang Islam (mayoritas),kristen,budha,hindu,katolik.
dan menurut anda semua AGAMA MANA YANG PALINK SUCI??
GAK ADA!!
yah tapi ada beberapa etnis yang merasa agama mereka palink bener sich.kita liat aja waktu akhir zaman dateng.itulah waktu yang palink gw tunggu.

"Suci lahir dan di dalam batin"
Suci lahir,kita pada dasar nya di lahir kan suci..karena belum mengenal yang nama nya dosa..tp mengapa setelah anda2 seklian (pelaku kerusuhan mei yang membaca) dewasa..kelakuan anda bahkan 1000x lbh tidak manusiawi di bandingkan dengan hewan??apa itu ajaran agama anda sedari kecil??uda di ajarin ortu??belajar sndr??inisiatif?? anda sndri yang tahu.

Suci dalam batin,pada dasar nya anda sekalian yang mengaku beragama harus nya suci dalam batin kalo gak buat apa anda ibadah?? NIHIL! NOL BESAR BAHKAN MINUS!
karena itu perlukah anda pertanyakan sebener nya apa yang salah dengan anda sang pelaku kerusuhan mei??salah agama??kepribadian??menurut saya aneh..

pada saat kerusuhan mei di ketahui korban jiwa lebih dari 7000orang,belum termasuk pemerkosaan,dan pelecehan lain2,dan juga penganiyayaan sebenar nya apa yang anda sekalian pada pelaku pikirkan??

Hasil nya apa???
Anda pasti sadar akhir2 ini Tuhan mungkin murka sama Indonesia..lihat lah bencana yang terjadi beruntun..di mulai dari gempa,lumpur panas,tsunami,kelaparan..
Mungkin kalian gak sadar,tapi karena salah segelintir orang semua rakyat Indonesia dapet hasil nya…
Intinya APA KALIAN YANG BERAGAMA SADAR DENGAN KELAKUAN KALIAH???CACAD SELURUH NYA DAN MUTLAK TAK BERMORAL..dari dlu sampai sekarang tidak pernah berubah..loe pada liat loe pada brbuat jahat tapi balesan orang2 itu apa??mereka bantu loe pada pas kena bencana,pas loe kelaparan,kena penyakit akut..semua orang bantu..tapi kelakuan kalian itu yang tak BERMORAL bahkan semua kata hinaan aja blom cukup untuk kalian ,mungkin neraka yang palink ccok buat kalian2 itu adalah neraka yang palink kejam dan siksaan terparah..ato kalo bias Indonesia di retain dengan lautan aja.supaya kalian gk bikin malu & aib bwt Indonesia.

anti_fanatic mengatakan...

kjadian ni ga bkal terjadi yg k2 x nya gtu aj,, perlawanan bkal meledak dmn2. n bgi yng menyinggung etns cina di blog ini, temasuk pelaku biadab krusuhan mei karena hati dan tujuan mereka sama cmn bedanya yg di blog ga nekad.

ElroyTLanphear mengatakan...

辣妹貼圖站辣妹貼圖辣妹視訊show live辣妹視訊辣妹曾根辣妹掌門人辣妹聊天室辣妹做愛辣妹神算辣妹自拍貼圖辣妹自拍辣妹有約辣妹成人網辣妹好露辣妹合唱團辣妹台正點辣妹口交辣妹輕熟女賓館偷拍誘惑無碼dvd裸體藝術裸體影片裸體寫真裸體辣妹裸體舞台裸體遊戲ut85ccut85cc正妹牆聊天室85ccut聊天室0204成人sex女優0401視訊美女ut聊天室影音視訊聊天室

頭痛 mengatakan...

A bird in hand is worth two in the bush. ....................................................

vid mengatakan...

Sekarang ini persiapkan lah diri kita untuk kejadian bgt lg. Siap siaga, kalo kejadian itu terjadi(kalo) bunuh langsung aja org yang menjarah itu!! Memang kejadian itu sangat bejat!!! Pada saat kejadi kerusuhan tidak ada aparat sama sekali. Kemana semua ???
Kita sekarang musti kompak!!!
@albert jangan post yang ngak2 !
Pribumi jg bnyk yang kaya..cina jg banyak yang miskin di indonesia. Kalo ga tau , lu pegi ke semper lah. Lihat org cina yang miskin di sana.

vid mengatakan...

Sekarang ini persiapkan lah diri kita untuk kejadian bgt lg. Siap siaga, kalo kejadian itu terjadi(kalo) bunuh langsung aja org yang menjarah itu!! Memang kejadian itu sangat bejat!!! Pada saat kejadi kerusuhan tidak ada aparat sama sekali. Kemana semua ???
Kita sekarang musti kompak!!!
@albert jangan post yang ngak2 !
Pribumi jg bnyk yang kaya..cina jg banyak yang miskin di indonesia. Kalo ga tau , lu pegi ke semper lah. Lihat org cina yang miskin di sana.
@sou saya sangat setuju dgn apa yang kamu utarakan.

be myself mengatakan...

semoga hal ini tidak terjadi lagi,,,,,,memang orang cina dominan jadi penggerak roda perekonomian di indonesia,,,,namun jangan anggap remeh orang pribumi yang juga punya harga diri.......intinya semua ini gag akan terjadi kalau ada rasa saling menghargai satu sama lain.....gag semua orang pribumi itu melakukan tindakan mirip binatang,,,begitu juga gag semua orang cina itu sombong,,,,,hargailah orang lain,,,,peace & love from bonekmania......

ShadowOfThePast mengatakan...

Saudara2 setanah air sekalian.. ga perduli etnis apapun...

Saya adalah orang yang berdarah dingin dan kejam karena masa laluku kelam ditindas orang...

Tetapi membaca blog ini... saya hanya bisa menitikkan air mata tanpa bisa berucap apapun...

Hatiku bertanya: Masih adakah orang yg lebih kejam dari aku ini? Sebiadab itukah dan se terkutuk itukah kalian para pelaku drama ini?

How r u going to responsible this actions to your own ancestors and your descendants later? And to your own Creator?

Ni men hua ren... wo xi wang da jia hao.. Yi lu suen fung..

ShadowOfThePast mengatakan...

Saudara2 setanah air sekalian.. ga perduli etnis apapun...

Saya adalah orang yang berdarah dingin dan kejam karena masa laluku kelam ditindas orang...

Tetapi membaca blog ini... saya hanya bisa menitikkan air mata tanpa bisa berucap apapun...

Hatiku bertanya: Masih adakah orang yg lebih kejam dari aku ini? Sebiadab itukah dan se terkutuk itukah kalian para pelaku drama ini?

How r u going to responsible this actions to your own ancestors and your descendants later? And to your own Creator?

Ni men hua ren... wo xi wang da jia hao.. Yi lu suen fung..

ShadowOfThePast mengatakan...

PS:
Yang terluka dan tertindas berusaha mencari pertolongan walau hanya lewat sebuah blog sekalipun...
Yang telah berbuat berusaha menutup-nutupi aib dengan minta bukti konkret seperti kasus ganti rugi lumpur lapindo..
Bila anda2 jurnalis hebat kenapa harus bertanya... buka dan lihat Reuters.. apakah berita disana dan reporter disana bohongan? Anda lebih unggul dari jurnalis mereka?
Just be fair.. dont mean to offense u guys

UNTUK DIINGAT : Pada jaman penjajahan banyak pejuang yang juga etnis tionghoa atau yang kalian biasa sehari2 sebut etnis "CINA" ikut bahu membahu berjuang demi kemerdekaan ini!!!

So many years gone bye.. so much bloods have spilled out... and not even one chinese heroes recorded into "formal" indonesian histories..

Hope this black 1998 history never repeated again... Amen

性感的我 mengatakan...

如果成為一支火柴,也要點亮一個短暫的宇宙;如果是一隻烏鴉,也要叫疼閉塞的耳膜。 ....................................................

kk_ceng mengatakan...

woi EP elo punya agama kg,agama elo ngajarin kebenaran kg,bego lo negeri elo sendiri aja mw hancurkan lo tw gara2 kaum u indonesia mengalami kerugian sebesar 2,5 triliun bego lo pantes negara ini kg maju2 dihuni org2 kyk u bego bego bego

mana pancasila dan bineka tunggal ika yg berkata "BERBEDA-BEDA TETAPI TETAP SATU"

pantes kaum u rata2 jadi kuli kg punya pendidikan "dasar cina lo" itu sering gw dengar dari kaum u tapi gw sama skali kg ngebalas karena gw punya agama yg ngajarin gw ajaran yg benar kg kyk u agama taiiiiiii

dan asal u tw yg menjarah dan memperkosa gadis chinese itu AGAMA ISLAM
(bukannya saya menghina agama tetapi saya bicara dgn fakta yg sebenarnnya)

john mengatakan...

Saya adalah seorng yg gak menyangka bahwa seumur hidup saya di bumi Indonesia sempat mengalami peristiwa paling menusuk nurani saya. Kejadian itu memang terjadi sbg fakta mskipun coba ditutup2i. Nenek buyut saya meninggal tahun 1949 dibunuh tentara Siliwangi yg juga mrampok dan memperkosa. Peristiwa Mei pun ada keterlibatan tentara. Buat temen2 semua, percayalah ada keadilan sejati. jangan pernah mempercayakan negara ini pada orang2, pjabat, jendral yg terlibat peristiwa Mei tekutuk ini. Mari kita bangun Indonesia ke depan yg maju berbudaya, sejahtera dan bebas diskiminasi. Amin

日日夜夜 mengatakan...

淫亂火辣美女本土av情色視訊聊天免費色情網站性經驗色情成人影片色情視訊聊天av圖av情色情趣娃娃成人電影院淫蕩18禁色情電話情色成人網辣妹自拍台灣av女優台灣情色春宮台灣色情成人網站0401影音g點成人vcd情色影片520sex性愛圖視訊妹調情視訊美女聊天美女性交台灣性樂園成人影像走光打砲裸女寫真美女裸照露奶激突論壇情色圖片做愛線上a片做愛視訊情色成人成人交友穿幫色情a片情色全裸入鏡台灣情色網

香蕉哥哥 mengatakan...

很喜歡你的blog哦...加油唷 ........................................

治士士 mengatakan...

Always read stuff that will make you look good if you die in the middle of it. ....................................................

邱志誠 mengatakan...

性愛技日本性愛本土性愛圖性愛罐頭連結本土性愛自拍圖免費看日本av影片免費看日本女優免費看外國片免費看色短片免費看做愛片免費看做愛短片免費看彩虹頻道免費看影片a片免費看線上影片免費限制卡通免費限遊戲免費真人影片免費情色影片線上直播免費男同志片後宮電影院免費成人短片線上看免費成人短片論壇免費成人短片觀看免費成人愛影片免費成人電影線上觀看免費成人圖貼免費成人影片g免費成人影片go2免費成人影片免免費成人影片網站女同志聊天室淫美成人論壇情人視訊85cc成人片觀看

Albert mengatakan...

Dear all,
saya adalah salah satu dari relawan yang melakukan investigasi kasus kerusuhan Mei. Membaca semua komentar tentang rusuh mei membuat saya merinding

Sri Palupi
Ketua Institute for Ecosoc Rights
www.ecosocrights.blogspot.com

GeraldF_Rotter雅慧 mengatakan...

天下沒有意把鑰匙,可以打開所有的門......................................................

明宏 mengatakan...

友情像一棵樹木,要慢慢的栽培,才能成長真的友誼,要經過困難考驗,才可友誼永固 ..................................................

怡妹 mengatakan...

18禁,聊天,免費影片,美女短片,0401,免費聊天,免費視訊,0204,78論壇,亞洲影城,視訊聊天,免費影片,聊天室,ut,成人,視訊,都都,視訊,打飛機專用網,小高聊天室,視訊,免費影片,a片免費,a片,18,免費線上視訊,日本a電影,影音視訊聊天室,貼圖區,av,383,77p2p,85cc,無碼,av影片,av專賣店,a片線上看,a圖,免費線上影片,微風成人

70713ang_eloknuth mengatakan...

忍一時風平浪靜,退一步海闊天空......................................................

NealVassall水慧 mengatakan...

雖然說上班很累,不過還是得努力應付每一天,看看文章休息一下,謝謝你哦! ..................................................

珮瑜 mengatakan...

好問才能博學。.............................................

韋于倫成 mengatakan...

你的部落帶給我愉快的心情,感謝~~..................................................

DaniloM_Wolff0正玲 mengatakan...

What must be must be. ............................................................

Lan孝齊eA_Rubin1110孝齊 mengatakan...

一個人的價值,應該看他貢獻了什麼,而不是他取得了什麼..................................................

mckinney mengatakan...

一個人的價值,應該看他貢獻了什麼,而不是他取得了什麼..................................................

坤郁 mengatakan...

No pains, no gains...................................................................

yusak mengatakan...

temenan yuk,,, kan kita sama2 orang indonesia..
g yusak Mipa UI..hehehehe

千TatianaCallan惠 mengatakan...

文章不求沽名釣譽,率性就是真的..................................................................

孫陽泉 mengatakan...

幸福不是一切,人還有責任。....................................................................

亦妮 mengatakan...

一棵樹除非在春天開了花,否則難望在秋天結果。....................................................................

yusak mengatakan...

duh..kok pake bahasa mandarin sih..

yusak mengatakan...

塔马尔

KrisMcmillen07星美 mengatakan...

成熟,就是有能力適應生活中的模糊。.................................................................

陳登陽 mengatakan...

當一個人內心能容納兩樣相互衝突的東西,這個人便開始變得有價值了。............................................................

rafael mengatakan...

g stuju ma dua orang di atas ini..

hehehehehe..

婷珊 mengatakan...

很榮幸能到你的BLOG留言o^~^o..................................................................

香昱信張君林 mengatakan...

蛛絲馬跡皆學問、落花水面皆文章............................................................

吳婷婷 mengatakan...

請繼續發表好文!加油加油加油!.......................................................

天花天花 mengatakan...

All good things come to an end...................................................................

曹依潔曹依潔 mengatakan...

初次拜訪,祝你人氣一百分............................................................

楊儀卉 mengatakan...

Say not all that you know, believe not all that you hear.............................................................

琬安琬安 mengatakan...

真正仁慈的人,會忘記他們做過的善行,他們全心投入現在的工作,過去的事已被遺忘。..................................................

張家弘翁書豪 mengatakan...

男女互悅,未必廝守終生,相愛就是美的。.................................................................

于劉辰原蔡毓 mengatakan...

百發百中不是一試就成的。..................................................

Michael Wen mengatakan...

Mau jadi apa Org indonesia???
Jika gak ada org chinese???
Mau mkn rumput Semua???
Apakah yakin bisa maju seperti skrg???
Apa kalian Lupa ada pepatah=>
TUNTUTLAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CHINA!!!!!!
Goblok!! Kok dipelihara!!!
Coba aja ulang kejadian mei 98, tiongkok gak akan mgkn tinggal diam, Ingat org terbanyak di dunia adalah org cina!!!
DIMANA ADA MATAHATI TERBIT DISITU ADA ORG CHINA!!!!
MORAL INDONESIA EMANG Sudah Bejat!!!
Gak Kaget Jika di Koran ADA Kakek memperkosa cucunya sendiri....

@chung kuo ren 我完全同意你的!
印尼人不知道怜悯!
鉴于昂贵的东西,我们可以感到痛心疾首!
上帝知道什么是好的,印尼将被压制着我们所有的销毁
我们不再需要帮助他们,野蛮的家伙!

Michael Wen mengatakan...

@chubby @sketch
kalian beruntung sekali hanya sekali mengalami hal demikian,,,
saya hampir -selalu- setiap hari dihina oleh teman sekolah karena saya orang ASLI china yang baru pindah ke indonesia 5 tahun lalu,,,
saya masih sabar walaupun dulu pernah terlibat pukul2an dengan teman karena sudah diuji kesabaran saya

@albert KALAU LOE BERADA DI PIHAK KITA DAN LOE DIRENDAHKAN BEGINI LOE SENANG ? KALAU PRIBUMI DIRENDAHKAN DAN PEREMPUANNYA DIPERKOSA OLEH ORANG TIONGHOA KAMU GAG TERLUKA HATINYA ? HAH ?

Phoenix_Chua mengatakan...

Salam damai buat semua ^_^
Apa yang Saya publiskan semuanya berasal dari kata hati Saya.
Saya juga seorang keturunan Chinese tetapi Saya lahir di Indonesia.
Langsung saja ke pokok pembicaraan.
Waktu terjadi kerusuhan Mei '98 Saya baru berumur 8tahun. Rusuh, benar-benar sangat kacau. Sampai-sampai kota kelahiran saya pun ikut rusuh.
Dengan mengandalkan persedian Indomie kami sekeluarga yang tidak bisa keluar dari rumah. Menyaksikan kerusuhan dari hanya dari loteng rumah.
Saya yang dipeluk oleh Ibu saya. Hanya diam menyaksikan orang-orang ada yang kelahi bahkan ada yang membakar-bakar.
Dengan samar-samar saja Saya mencoba untuk mengingatnya.

(Puisi : Kuterungkan Kata Hati Ini)

Ya Tuhan, mengapa bisa begini? Apakah dosa kami? Mengapa ini harus terjadi? Karena seseorang sehingga haruskah kami semua menanggungnya? Apakah ini cukup adil bagi kami? Apakah ini takdir kami? Apakah ini adalah yang terbaik?
Hanya doa yang bisa terus kami ucapkan padaMu sang Pengasih.
Hati ini, Perasaan ini, Air mata ini, sudah terlalu lelah untuk semua.
Sakit, perih, lirih, yang tak habis kami rasakan.

Jahatkah ia yang melakukannya?
Seorang manusia memperlakukan manusia yang lainnya dengan kejam.
Khusus bagi kami para kaum Hawa.
Tak tahukah ia?
Betapa pentingnya kesucian tubuh bagi kami.
Kata mohon ampun tak digubris suara tangisan tak dihirau.
Dan ia tetap melanjutkan kekejamannya.
Oh, Tuhan, kuserukan namamu diatas semua ini.
Diatas tanahMu ia melakukan semua ini.
Dibawah langitMu ia melakukan semua ini.

Begitu banyak suara tangis perih meringis.
Kami yang hidup sebagaimana sediakalanya.
Berharap sedikit sejuk ketika panas menyengat.
Berharap sedikit hangat ketika sejuk menusuk.
Tetapi tanpa kami inginkan tanpa rasa pamrih dengan tiba-tiba tempat berlindung dari panas dan sejuk dijadikan santapan lahap sijago merah. Tempat kami meminta sedekah hidup dunia dihancurkan dan dirampas tanpa ada sisanya.
Salah apa kami semua?
Tanpa ada alasan yang pasti kami diperlakukan begini.
Dengan senyum kemenangan ia melihat semua perih, tangis, dan sakit hati kami.

Bukankah kami sama dengan semua?
Hari yang cerah telah menjadi kelam.
Dalam diam kami bersenandung dalam lagu bisu.
Bersyair dalam sajak semu.
Menari dalam kebekuan.
Berjalan dalam kelumpuhan.
Menangisi ketidakadilan tersenyum dalam ketidakberdayaan.
*


Saya masih anak Indonesia.
Saya masih mencintai Indonesia.
Karena Saya lahir di Indonesia.
Untuk keluarga, kerabat, teman, dsb. Yang ditinggalkan oleh orang yang diperlakukan kejam oleh ia(selaku sebagai pelaku atas apa yang terjadi dikerusuhan).
Saya mengerti, Saya tahu akan sakit itu.
Tetapi tidak ada salahnya kita mengambil sejarah itu sebagai "PELAJARAN HIDUP YANG SANGAT MENYAKITKAN"

Pribadi Saya mengatakan:
"Tuhan ampunilah ia-ia yang telah berlaku kejam kepada kami, hina-hinaan yang ia lontarkan kan kami jadikan sebagai obat penyabar bagi kami"
Mengapa Saya mengatakan demikian, mengapa Saya tidak ikut-ikutan menyumpahin, mengutuk, (bukan karena Saya tidak pernah merasakannya)ia?
Karena Saya percaya Tuhan masih ada untuk semua. Dia masih mendengar doa kita. Dia masih punya rencana untuk semua. Yang harus kita lakukan yaitu hal yang paling mudah dan memang pantas untuk kita lakukan adalah "DOA".

Untuk korban-korban yang telah tiada RIP , semoga semuanya telah menemukan adilnya padaNya.


sorry ya all, kalau masih ada kata-kata yang masih kurang fasih kurang berbobot, mohon dimaklumi. Dan atas semua kata-kata dari Saya tidak ada satupun maksud menyinggung siapapun.
Thanks.

怡于名君 mengatakan...

一個人的價值,應該看他貢獻了什麼,而不是他取得了什麼....................................................

文王廷 mengatakan...

認識自己,是發現妳的真性格、掌握妳的命運、創照你前程的根源。......................................................

mozhmok mengatakan...

Hah...inilah kelakuan org jawa... berani pd yg kecil...apa agama loe ? klu loe islam ngak mungkin loe lakuin..tp klu loe emangnya lakuin... ada lebih baik loe ngak usah beragama apa pun...

偉曹琬 mengatakan...

不論做什麼事,相信自己,別讓別人的一句話,把你擊倒。..................................................

淑張福 mengatakan...

河水永遠是相同的,可是每一剎那又都是新的。..................................................

于庭吳 mengatakan...

累死了…來去看看文章轉換心情~............................................................

triad army mengatakan...

soekarno mengatakan jas merah:jangan sekali2 melupakan sejarah...........dan kami sebagai korban dari sejarah tidak akan melupakan sejarah dan akan kami terus ke anak cucu kami supaya mereka akan siap dgn segala kemungkinan yg akan terjadi dikemudian hari.seperti kejadian nanking of rape yg dilakukan oleh tentara jepang pun tidak akan pernah dilupakan oleh bangsa cina.dulu kami dihina dgn kata cina sekarang kalian menyembah2 ke cina.dasar ga tau malu..........org munafik itu seperti FPI(FRONT PEMERKOSA ISLAM)

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

berpikirlah yang jernih orang-orang cina itu pintar-pintar lebih baik kita pura-pura tersenyum kalau diejek pribumi seperti dikatain cins bangsat,cina anjing biarin tinggal kita bayar orang buat musnahin tuh orang atau di depan mereka kita tersenyum walaupun di hina dibelakang mereka nyawanya kita bayarin atau anggap aja motong ayam,lihat aja yang pegang kendali organisasi mafia,judi dan kejahatan diindonesia juga orang-orang cina,tapi bagi pribumi yang jiwanya atau gaulanya udah ama cina enak bener loh kepribadiannya pikiran mereka terbuka dan menjadi orang baik.itu yang rusuh hanya seglintir orang aja.ke depan marilah kita bersama-sama membangun bangsa ini biar jadi lebih baik.yang bertanggung jawab dan melakukan pristiwa mei 98 gak perlu kita yang menghukum mereka tapi yang diatas lah yang akan menjatuhkan hukuman yang setimpal bagi mereka.biasanya yang memperkosa itu akan mengalami pembusukan penis atau penisnya kena kusta,yg membakar dan menjarah tuanya akan mengalami kelumpuhan,sakit-sakitan gak sembuh,keluarganya jadi pelacur,tertabrak kereta api,mati mengenaskan,matanya buta,dll.ingatt pasti akan terjadi....dan bagi korban maafkanlah mereka karena setiap kejadian ada asal muasalnya mungkin para korban harus berkaca pada masa lalunya.mungkin masa lalu korban,keluarganya,atau nenek moyangnya juga pernah melakukan hal yang bejat jadi tertimpa pada korban.ada sedikit kisah nyata,,,,di desa saya ada keluarga pedagang yang kaya dulunya abang istri bos tsb sering memperkosa anak gadis orang jaman tahun dibawah 1945,lalu si bos punya anak 6 org dan yang bungsu sangat tampan usianya 33 kalau masih hidup,si anak suka mainin anak gadis orang,tahun 2004 si anak meninggal karena penyakit aneh waktu saya melihat mayatnya mukanya bengkak berwarna hijau kebiru-biruan dan org tsb adalah teman saya sendiri.ia anak orang cina jadi dari sepenggal cerita tsb kita janganlah saling berburuk sangka.jalanilah hidup masing-masing karena diri sendirilah yang akan bertanggung jawab diatas sana....thanks semoga bermanfaat...

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

anes mengatakan...

ooh

lanun_gnz mengatakan...

binatang2 indon ini suka sbenarnya sama cewek cina..

coz isteri masing2 tidak dpt puas kan nafsu so carik yg lain yg lebih sedap dan cantik..
almaklumlah isteri masing2 cewek2 indon buruk n busuk2 blaka.hahahaha

celakalah sama kamu indon busuk..kontol kecik mahu yang sedap2 aja...

jijik sama kamu...anjen lagi hebat lah dari kalian2..

tiada kejantanan langsung..kalian indon keparat..tngu balasan tuhan deh..

dipotong2 dibakar2 sama kamu punya kontol..kemudian dipasang semula..dan diulang2 lg.. sampei kamu mampus!!!

kontol kecik, busuk, bebulu sana cni...sialan kamu..!!!1

zelkova mengatakan...

gue heran aja.. kita bangsa yg gak tau malu euy.. Jepang dulu menjajah kita, ngerampok negeri kita, sedangkan org2 chinese indonesia udh hidup berdampingan, bantuin kemerdekaan, sdh 1 dgn org indo lah ibaratnya.. Tapi apa yg terjadi? Kursus Bahasa Jepang dimana-mana, fashion Jepang dimana-mana, bahkan gw tau bbrp org yg saking fanatiknya, malah ikut merayakan festival2 yg adanya di jepang sana.. Punya identitas nickname nama jepang pula..

TAPI!

Dengan sodara sendiri, Bahasa Mandarin dilarang! Punya nama mandarin dilarang! Pingin ikut dalam pemilu dilarang!

Itu namanya Bhinneka Tunggal Ika?

Dengan saudara kandung sendiri gak bisa akur (etnis minoritas chinese, papua, ambon, timor), dengan saudara sepupu sendiri (malaysia) gak bisa akur, TAPI mau BERGAUL dgn org yg menyiksa bangsa sendiri?

Coba pikir, apakah benar etnis2 di indo menjadi kendala dalam persatuan bangsa? apa negara ini hanya dibangun berdasarkan 1 etnis saja? Lihat malaysia, singapore, thailand, phillippines!

Kemampuan mereka untuk menggabungkan rakyatnya tidak peduli etnis apapun membuat mereka sudah jauh didepan indonesia. Sedangkan kita? Merdeka paling awal, tapi sampai sekarang kita masih tidak tahu APAKAH ARTI MERDEKA ITU SEBENARNYA...

Felix mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
kejam nkri mengatakan...

buat pribumi yang telah berbuat kerusuhan mei 1998 saya cuma minta kepada yg diATAS semoga kamu terkutuk
ingat apa yang kamu tanam itulah yang kamu panen nantinya tidak dibuka bumi tetapi diakhirat nantinya

untuk kepada seluruh pembaca tolong bantu spamkan atau broadcast link ini kepada seluruh teman2 anda
biar lebih banyak yg mengutuk perbuatan2 kerusuhan mei 1998

shark1254 mengatakan...

entah mengapa orang jawa kebanyakan sirik dan denki terhadap orang china....entah saya tidak tau mengapa ,apa dari harta,kulit,dll

yg jelas anjing2 biadab bangsat dan gk punya moral dan prabowo subianto jancok itu juga yg menjadi otaknya,biarlah mati di neraka saat alat kelamin mereka dipotong...
yg jelas penjahat2 itu lah dan kepalanya yg akan mati dengan sengsara
INI ADALAH SUMPAH DARI SAYA

saya tidak pernah membeda-bedakan ras,1%pun tak pernah ada dalam pikiran saya....tpi ketika melihat dan mengetahui ini ..emang indonesia negara buruk


LOE SEMUA BELUM PERNAH KEJAJAH SAMA CHINA!!!....udh mati2 lu dijajah sama jepang ,masih untung dibantus sama amerika klo gk udh bangsa jajahan loe,,,,,inget itu..jadi jangan sembarangan asal maen hubungan intim aja jancok!klo ketemu gw hajar sampe mati sampe kontol loe semua putus,,,,liat aja....suatu saat..adakalahnya mereka akan dibalas...entah dijajah lagi atau sebagainya....camkan itu !!

erick mengatakan...

ya udahlah lupakan smuanya mari bersama kita bangun bangsa ini by fujita b medan

erick mengatakan...

provokasi bukan nambah maju malah jadi mundur !! yg penting sekarang kita harus bersatu klo mau maju FUJITA

pooQ mengatakan...

Gila, g tau gue pada mikir apaan itu sampe merkosa+ngembatin barang2...

buat IndoProgie, bukan sumbernya yg masalah...

tapi kata-katanya itu loh yang patut di pertanyakan...

walaupun rasnya dah dii perlakukan seperti itu, tapi orang-orang chinese masi mau bantuin nyumbang pas tsunami+gempa...

buat yg terlbiat, cmn 2 pertanyaan dari gue...

1.Apakah Jesus, Were, Maria, Gandhi, Allah pernah mengajarkan seperti itu??

2.Masi pantaskah lo megang "Agama"??

vera mengatakan...

Dimana keadilan? Yang pasti ga ada i Indonesia. Orang2 yg melakukan kekejaman itu masih ada di sana, bebas berkeliaran , bener2 bikin perasaan ga aman buat tinggel di indonesia :(
Memang bukan semua pribumi jahat, tp gimana kita bisa tau. Tapi aku percaya hukum karma itu ada, apa yg kita perbuat, akan kembali pada kita. so org2 yg berbuat sebab, siap2 lah menerima akibatnya!!!

PENDEKAR KELAYAN mengatakan...

wanita yg harusnya dilindungi malah ditindas,trus yg cantik lagi yg dipilih.....cba saat itu bnyak cewe chines yg kna HIV AIDS mampus tuh yg pemerkosa udah tersiksa didunia di akherat pula....sayang bnget saat peristiwa tersebut ngga ada hpe canggih seperti sekrang nih,andaikan ada pasti udah di abadiin :D

apalagi showroom mobil yg hancur saat kejadian tuh katanya udah jdi istana hantu .....

raikageyounger mengatakan...

gila y
g sdh bngt tau tentang ini semua
luka lama g terkuak kembali

raikageyounger mengatakan...

parah bngt
luka lma g terkuak kmbali

leonardus gowarto mengatakan...

hanya ada satu kunci yang selama ini di lupakan oleh bangsa indonesia, Pancasila. mengertilah Pancasila mengertilah tujuan dan cita bangsa ini yang ada pada poembukaan uud 1945. tapi ada yg di teriakan pada mei 1998 REFORMASI, DEMOKRASI, apa itu demokrasi, kekuasaan di tangan rakyat!! bila tiap rakyat dan tiap golongan haus akan kekuasaan mau jadi apa negara ini. ingat sumpah pemuda, ilhami Pnacasila. dan anda tau kita semua bersaudara kita semua satu bangsa kita semua satu tumpah dara kita semua satu bahasa, kita indonesia!! apakah ada perbedaan di pancasila, apakah ada pribumi dan etnis? hanya ada, keadilan, persatuan, kerakyatan, kemanusiaan. apakah demokrasi ada kata tersebut? APAKAH SAAT REFORMASI ADA YG MENERIAKAN PANCASILA?? Pancasila bukanlah lambang negara namun pancasila adalah pedoman hidup bangsa kita..pelajarilah dan anda akan mengerti apa arti indonesia. dan tidak ada lagi perbedaan, tapi Indonesia.

lingerieindonesia mengatakan...

Apa gunanya luka lama dipublish kembali? Lagipula itu foto kan belum tentu bener.. Kata2 terakhir di bawah itu sangat memprovokasi. Tuhan tidaklah buta dan PASTI akan membalas perbuatan mereka dan "orang-orang" yang menyuruh mereka. Pembalasan adalah Hak Tuhan. Kita tidak bisa mengatur semua keadaan, tapi kita bisa bersikap legawa dan mengampuni. "Ampunilah musuhmu dan doakan mereka.." saya berdoa untuk para korban yang masih hidup bisa bangkit dari trauma dan menjadi pemenang. Gbu

motivasi diri mengatakan...

LUka lama telah terbuka kembali, saat kejadian itu sya berumur 11 tahun,dr atas rumah,sya liat semua kejadian tsb.ada yg menjarah toko2, membakar rmh dan toko, melempar batu,memperkosa. memang aneh nya bangsa ini,perang dgn negeri nya sendiri. benar' biadab kelakuan org pribumi yg melakukan hal tsb.di indonesia ini tak ada org cina ga akan berkembang,rata2 semua perusahaan adalah milik org cina. mereka jg ga langsung kaya, org cina mau berusaha dr nol sampai kaya. mereka mau berpikir dan berusaha sehingga mreka sukses. sya membenarkan komentar yg mengatakan "ga ada org cina, org pribumi hanya bs makan rumput", semua pajak yg besar2 bersumber dr perusahaan besar,dan 40% pajak berasal dr perusahaan org cina.coba semua org cina pindah dr indonesia,akan kah indonesia mampu bertahan?? saya rasa tidak.dlu sering sya mendengar ejekan dr prbumi "cina brengsek", tp liat lah skrg ,org pribumi kerja sm sya. sebenarnya bangsa ini adalah bangsa yg rendah,knpa? karena tidak mampu membuat rakyat nya merasa bangga akan negara ini, tidak mampu membuat rakyat nya makmur, tidak mampu membuat negara ini maju. tapi saya sebagai org indonesia keturunan cina ,malah bangga sama negara cina ,bangga krn ada darah cina. hanya 1 kata yg cocok utk pribumi : FUCK FANKUI !!!!

bangsat mengatakan...

LAKNAT LU ISLAM...MATI AJA LU SEMUA...MOGA2 DUNIA BERPUTAR 180 DERAJAT...LIAT AJA ANAK GADIS LU DI CINCANG2 AMA KITA ORANG...BIADAP..KLO GW SENDIRI MANA MAU GW AMA MEMEK GOSONG KYK KALIAN

Info mengatakan...

DASAR HUANA LEBIH KEJAM DARI BINATANG, LEBIH RENDAH DARI KOTORAN.
SEMOGA LEBIH BANYAK BENCANA LAGI MENIMPA KALIAN

Info mengatakan...

MAMPUSLAH KALIAN HUANA KOTORAN, LEBIH RENDAH DARI SETAN. CINCANG2 , TUSUK KALIAN , KULITI SETIA INCI BADAN KALIAN

Dudets78 mengatakan...

http://www.unhchr.ch/Huridocda/Huridoca.nsf/TestFrame/aa5bfc1f94a891828025674b003d180c?Opendocument

Hasil investigasi UNHCR, ada hasil interview mrk dng korban berinisial E korban perkosaan mei 98,

So friends... Believe it, its really happened

aan82 mengatakan...

nie yang nulis

LAKNAT LU ISLAM...MATI AJA LU SEMUA...MOGA2 DUNIA BERPUTAR 180 DERAJAT...LIAT AJA ANAK GADIS LU DI CINCANG2 AMA KITA ORANG...BIADAP..KLO GW SENDIRI MANA MAU GW AMA MEMEK GOSONG KYK KALIAN

coba malem ini aq tahu u dimna, yag pasti loe bakal nyesel mungkin bukan seumur hidup tpi sampe mati pun loe gue pastiin loe nyesel.

utk loe yg nulis comment ini:
Gue Aan 29 th, tinggal di Panjang Lampung Lampung
cba loe sebutin di mana loe tinggal biar kta clearkan omongan loe nie

zahir alauddin hamid mengatakan...

DI MALAYSIA. INDONESIA JUGA SUKA MEMBUAT KEKACAUAN! MEMANG DASAR BANGSA YANG TIDAK BERTAMADUN! ROMPAK! BUNUH! ROGOL! BERANI MEREKA LAKUKAN DI MALAYSIA. SUNGGUH BAGUS APABILA MEMBACA SYRAT KHABAR TENTANG PENYAMUN INDONESIA DI TEMBAK MATI OLEH POLIS! SAYA BERDOA SEMOGA SI PENJAHAT2 INI DITEMBAK SAHAJA TANPA PERLU DIBICARA DI MAHKAMAH! SEMOGA ALLAH MEMBALAS MANUSIA BERLAGAK SEPERTI TUHAN INI! BANGSA YANG MUNDUR DAN TIDAK BERAKAL! KE NERAKA LAH KAMU KERANA MELAKUKAN SESUKA HATI KAMU TERHADAP ORANG LAIN!

Indra Permata Dinda mengatakan...

Perkosaan pasti ada, tapi tidak cuma etnis chinese saja yang jadi korbannya.

http://peaceman.multiply.com/journal/item/216

Willy Da Gomez mengatakan...

Saya seorang keturunan cina. dari kejadiannya saat kerusuhan Mei 98 memang sangat menyedihkan, menyakitkan dan pedis di hati. tapi sebagai manusia yang berpikir, saya sangat tidak setuju jika kita langsung menghakimi semua pribumi indonesia itu sama biadabnya. saya sangat yakin tidak semua pribumi jahat.

Tapi kejadian jakarta memang telah direncanakan dengan rapi. saya berani bertaruh, karena sebelum kejadian jakarta, telah terjadi kerusuhan kecil-kecil di daerah-daerah (terpikir & terlihat sekarang olehku seperti gladi resiknya??

Jika kalian semua saling memaki dan tidak menghormati sesama, membela kepercayaan, kesukuan dan segala perbedaannya, saya punya pertanyaan apakah kalian akan menjadi manusia yang baik saat kalian berkuasa ataukah saat kalian menjadi bagian mayoritasnya?? dan kerja mereka yang telah dibuat mei 98 masih tetap ada buahnya untuk mereka2 karena buktinya masih banyak permusuhan dan saling curiga. memang itu tujuan mereka yang ada di belakang layar kerusuhan mei 98.

Sebenarnya apa yang diinginkan etnis cina seperti saya sekarang ini adalah pengakuan dari pemerintah secara terbuka dan permintaan maaf kepada seluruh etnis tionghoa karena gagal melakukan pengamanan saat kejadian nahas ini terjadi, badan intelijen telah gagal melakukan tugasnya serta pemerintahpun juga sedang tak berdaya menghadapi situasi saat itu bla bla bla....

Tapi yang paling menyedihkan adalah :

1. tidak adanya keberanian dari pemerintah untuk mengakui bahwa PEMERKOSAAN MASAL TERHADAP ETNIS CINA MEMANG TERJADI DI INDONESIA SAAT KERUSUHAN MEI 98.

2. Pemerintah tidak bernyali untuk membongkar pelaku dan dalangnya. Saya Sangat Yakin Pemerintah Mumpunyai bukti kuat siapapun pelaku serta dalangnya. TANGKAP DAN HUKUM. Buktikan ke generasi penerus bangsa ini bahwa Indonesia adalah negara besar, yang berani menghukum siapapun yang salah tanpa pandang bulu. Apalagi yang menyangkut Harga Diri & Moral Bangsa. Dengan menyembunyikan serta menutupinya, kita malah jadi bangsa yang kerdil. Tengoklah Jepang yang mengakui kekerasan terhadap perempuan saat perang dunia II dan melakukan pembayaran ganti rugi.. mungkin kita bisa melakukan dengan cara yang berbeda dengan cara indonesia.

3. Media Punya Cukup Data untuk MEMBUKTIKANNYA, Tapi Taringnya Ompong. Kenapa?? Pernah di muat di kick Andy, Mata Najwa di Metro TV tentang kerusuhan mei 98 tapi giliran sampai bagian perkosaannya, taring dan cakarnya si andy & najwa hilang semua yang ada hanya pura-pura tidak pernah tau, jadi pertanyaannya melempem seperti ini "apakah saat itu memang terjadi pemerkosaan terhadap etnis tionghoa atau sekedar isu saja?". Bah.. yang seharusnya adalah, "Metro TV punya koq cukup data dari berbagai sumber yang telah kita kumpulkan, apakah dengan data seperti ini, ini dan ini dapatkah kita jadikan sebagai bukti dan perlu pengawasan seperti apakah untuk menjaga saksi kunci? apakah kita kirim ke luar negeri diam-diam tanpa sepengetahuan pemerintah agar nasibnya tidak mengenaskan seperti ita martadinata, atau bagaimanakah metro tv bisa bantu untuk membuktikan kebenarannya?"

Kalau Metro tv atau media apapun bisa membuktikan pada dunia atau pada pemerintah yang masih belagak buta, saya yakin akan harum namanya di kemudian hari dan akan masuk dalam sejarah sebagai tv atau media yang ikut membongkar kebobrokan mei 98 dalam tiap pelajaran sejarah barangkali.
BUKTIKAN KERJAMU KAWAN. TARUHLAH KEBENARAN PADA TEMPATNYA, POSISIKAN KESALAHAN PADA PORSINYA.

Semua ini hanya sebagian dari isi hati saya sebagai warga negara indonesia, yang menginginkan indonesiaku bisa menjadi negara yang lebih baik dan lebih dewasa ke depannya.

Salam Damai Indonesiaku

Willy Da Gomez

plukunyus mengatakan...

damai itu indah kawan...
seperti apa yang telah dicontohkan GURU BESAR BANGSA KITA Alm. KH. Abdurrahman Wahid (GUSDUR)
semua tentu sudah tau sepak terjang beliau dalam mencontohkan kerukunan antar agama,ras,suku,golongan dll.
sekarang beliau telah berpulang, jadi tugas kita meneruskan perjuangan beliau..

billy_pentung mengatakan...

wadoohh...sekarang mau cina mau pribumi sama aja..malah bnyk cina yg nikah sama pribumi..ngapain ente buka luka lama..kalau di inget terus kapan mau maju nya?mending kita sama" bangsa INDONESIA menjaga supaya damai antar semua warga INDONESIA..

Narayana 734 mengatakan...

Apakah bisa diverifikasi kebenaran dari foto2 ini? mengingat ada berbagai macam sumber dengan tema sama namun dengan perspektif yang bermacam2, manakah yang bisa dipegang dan mendekati kebenaran?

dave raymond mengatakan...

foto itu bener2 nyata dan bukan rekayasa,,,,klo kalian dah salah ngaku salah saja....dasar manusia biadab terkutuk lah kalian semua pribumi,,,,kalian gk pantas hidup di dunia ini kalian pantas nya ke neraka jahanam, manusia2 iblis.....

bloggyanz mengatakan...

halo orang - orang cina dan warga tionhoa
saya orang pribumi yang mungkin pada saat terjadi kerusuhan mei 1998 mungkin saya kurang mengerti dan masih berusia 7 tahun dan tidak tinggal di jakarta

tapi setelah melihat dan mencari tahu apa yang terjadi pada mei 1998 di jakarta ini
ini sangat mengerikan dan jahat
:(

saya tidak tahu pemerintahan yang terjadi pada saat itu seperti apa

saya bisa merasakan kesedihan dan kebencian yang kalian alami jika menjadi kalian

this is weird

tidak tahu jenis manusia apa yang ada dibalik semua ini...

sangat wajar jika kalian sangat membenci pribumi, kata maaf tidak cukup untuk menyelesaikan konflik ini

bahkan saya sekarang mengerti kenapa warga tionghoa sangat membenci warga pribumi , dari tatapan, sikap, dan perbuatan yang saya alami ketika saya masih kecil dan sangat banyak punya teman cina, tapi perlahan bisa berbaur juga karena pada dasarnya kalian dan saya sama, sama - sama manusia, tidak ada alasan untuk mendiskriminasi satu sama lain, i love your culture and your culture spirit is my inspiration

semoga pada akhirnya pribumi dan tionghoa bisa benar - benar saling mengerti, saling memaafkan, dan dapat hidup damai dan tentram

meski kalian warga tionghoa pernah mengalami masalah yang sangat mengerikan ini, pasti kebahagiaan yang level nya sama dengang kengerian yang kalian alami akan datang, karena saya percaya tuhan itu adil dan akan memberikan kebahagian untuk mengatasi kesedihan kalian

I don't love indonesia, i love all people that had a good manner and heart... and qualified enough to live and never give up..

blitzkrieg blink mengatakan...

ini bukan takdir ini adalah "Tragedy From Human Creation" dimana para pengkhianat Bhineka Tunggal Ika berpesta di atas penderitaan sesamanya......marilah hargai keberagaman jangan saling menghina "islam lah, tiko lah, cina lah, kafir lah, kristen lah, pribumi lah"....guys Open your eyes we are Indonesian People a part of NKRI. Punya hak dan kedudukan yg sama sebagai warga negara ...Ayah angkat gua org muslim guys dan gua keturunan chinese juga salah seorang militer anggota kabinet dari Orba yg hrs terbuang karena menolak permintaan salah seorang dkt sang tiran penjagal alias "Suharto" yg adalah taipan tdk asing buat kita...ayah angkat gua seorang muslim dan gua nasrani tp ayah angkat gua selalu menelpon gua saat hari raya keluarga gua yg nasrani begitupun sebaliknya.....hargailah perbedaan itu........kalo anda tdk menghargai perbedaan berarti anda bukanlah "manusia" saya yakin org tua anda akan sangat malu saat anda berkata "tiko, fankuy, pribumi, cina, jawa, batak, sunda, dayak" kecuali anda emg lahir dari rahim binatang yahh gua no comment saja. Perlu anda tau tmn2 gua anda mau cari dari etnis apapun ada dan semua sdh seperti saudara untuk gua....gua masih inget saat gua sma lagi jalan dgn tmn gua yg org pribumi asli saat itu gua di teriakin "cina anjing" alhasil org yg neriakin gua di hajar sama tmn2 gue yg pribumi...kalo anda masih punya pikiran terbukalah akan perbedaan kita di lahirkan tdk pernah sama LoL

blitzkrieg blink mengatakan...

Can you feel the pain inside sometimes in my mind?
In the land of loneliness the seas of blood run cold
Is the feeling lost inside within the sins of all mankind?

On towards our destiny we travel far and wide
This is a journey through the darkness as your soul refuse to die

Fly far away don't let the world pass you by
Live for the day we must stand and survive
Now we face the judgment day our souls will feel the pain
Hear the screams of my world through the rain

Who can cure my emptiness inside for this time?
Suffering from loneliness my dreams and hopes will die
No more feelings left inside my blackened heart I cannot hide
Time after time our souls divided on we cry

As you break through the boundaries of life this feeling of despair
And they die in their sleep for the world that will not care
You feel lost in this labyrinth of pain this sickening dismay
There's a voice inside that's calling another wasted day

Can't you see the history the suffocating madness
In the land of fallen souls there's nowhere left no place to go
I have traveled far and wide across this land of despair
Still searching for the answers for the right to understand

Riding through the starlight and smashing the boundaries as hellfire falls from the sky
A shadow of pain will arise from the ashes of those fallen ones who have died
Our holy master with fire and fury of hell will see his bidding done
Blasting from high as the battle unfolds to the gates of the city we come

Who can cure my emptiness inside for this time?
Suffering from loneliness my dreams and hopes will die
No more feelings left inside my blackened heart I cannot hide
Time after time our souls divided on we cry

Fly far away don't leave your own past behind
Live for the day another year passes by
Now we turn to face our fear there's nothing more to say
Still your dreams and my nightmares remain....